Berita Terkini (Siaran Pers)

BI Icon

​Departemen Komunikasi​​​​​​​

10/28/2021 10:00 AM
Hits: 954

BI Buka Kembali Layanan Uang Rupiah kepada Masyarakat di Sumbar, Kaltara, dan Kalsel

Siaran Pers
 

No.23/279/DKom

Mulai 1 November 2021, BI membuka kembali layanan uang Rupiah kepada masyarakat di Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan. Dengan demikian layanan uang Rupiah kini sudah dapat dilakukan di seluruh Kantor BI, baik di Kantor Pusat maupun 45 Kantor Perwakilan di seluruh Indonesia, setelah sebelumnya dibuka hanya untuk wilayah Kantor Pusat dan 42 Kantor Perwakilan. Hal ini merujuk kepada Siaran Pers BI No.23/254/DKom tanggal 6 Oktober 2021 bahwa pembukaan kembali layanan uang Rupiah kepada masyarakat mempertimbangkan level PPKM di wilayah yang bersangkutan. Pembukaan ini sebagai upaya BI dalam memastikan ketersediaan uang Rupiah yang layak edar di masyarakat. 

 

Adapun layanan uang Rupiah tersebut adalah sebagai berikut:

NoLayananSemulaMenjadi
1Layanan penukaran uang rusakDitiadakan ​ ​ ​

Setiap hari Kamis

Pukul 08.00 – 11.30 WIB/WITA/WIT

2Layanan penggantian uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran
3Layanan klarifikasi uang Rupiah yang diragukan keasliannya

Setiap hari  Selasa dan Kamis

Pukul 08.00 – 11.30 WIB/WITA/WIT

4Layanan penjualan Uang Rupiah Khusus (URK) uncut banknotes

Setiap hari Senin

Pukul 08.00 – 11.30 WIB/WITA/WIT

 

Masyarakat yang akan menggunakan layanan uang Rupiah di Kantor Pusat BI wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dan melakukan scanning barcode sebagai bukti telah melakukan vaksin minimal dosis pertama. Sementara di Kantor Perwakilan BI, dapat menunjukkan surat keterangan/sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama. Bagi masyarakat yang karena kondisi tertentu tidak dapat melakukan vaksinasi, dapat menunjukkan surat keterangan negatif rapid test antigen dengan masa berlaku 1x24 jam atau surat keterangan negatif PCR dengan masa berlaku 2x24 jam. BI mengimbau masyarakat yang akan menggunakan layanan uang Rupiah di seluruh kantor BI untuk tetap menjalankan protokol Covid-19.

 

Jakarta, 28 Oktober 2021
Kepala Departemen Komunikasi
Erwin Haryono
Direktur Eksekutif
Informasi tentang Bank Indonesia
Telp. 021-131, Email : bicara@bi.go.id

 

Lampiran
Kontak

​Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 11/1/2021 2:41 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga