Berita Terkini (Siaran Pers)

BI Icon

Departemen Komunikasi​

5/26/2023 5:00 PM
Hits: 1765

Tiga Langkah Strategis Akselerasi Pengembangan Eksyar di Kawasan Timur Indonesia

Siaran Pers
 

No.25/141/DKom ​

Bank Indonesia bersama mitra strategis berkomitmen untuk mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah di kawasan timur Indonesia (KTI). Hal ini diwujudkan melalui 3 (tiga) langkah strategis yang dicanangkan pada Upacara Pembukaan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) KTI 2023 hari ini (26/5) di Samarinda, dengan tema “Penguatan Sinergi dan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Syariah Melalui Dukungan Digitalisasi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi KTI yang Inklusif". Langkah strategis tersebut dilakukan dengan, pertama, penguatan halal value chain, yakni melalui akselerasi proses sertifikasi halal khususnya produk-produk UMKM melalui peluncuran Gerakan 1.000 SEHATI (Sertifikasi Halal Gratis) se-KTI, serta peluncuran website halal point Kalimantan Timur sebagai pusat informasi syariah pada wilayah Kalimantan Timur. Kedua, peluncuran gerakan 10.000 transaksi ZISWAF menggunakan QRIS guna mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan syariah. Ketiga, penerapan halal lifestyle pada sektor prioritas halal food, fashion, serta pariwisata ramah muslim yang tercermin pada rangkaian kompetisi yang diselenggarakan. FESyar KTI 2023 merupakan langkah awal menuju perhelatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-10 yang puncaknya akan diselenggarakan pada 24 – 29 Oktober 2023 di Jakarta. FESyar KTI 2023 dibuka oleh Deputi Gubernur Bank indonesia, Doni P. Joewono, dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi. 

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono, menyampaikan bahwa ekonomi syariah akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru, sehingga pengembangannya perlu dilakukan secara bersama-sama. Selain itu, Bank Indonesia selalu mengupayakan agar pengembangan ekonomi syariah selalu didukung oleh digitalisasi. Beberapa hal yang sudah diterapkan di antaranya adalah digitalisasi dalam ekosistem halal, digitalisasi terkait dengan keuangan sosial syariah, serta edukasi dan literasi yang menggunakan platform media digital. Dukungan Bank Indonesia sendiri dalam digitalisasi utamanya juga dilakukan melalui sistem pembayaran, yakni melalui penerapan QRIS, BI-FAST, dan Kartu Kredit Indonesia (KKI). 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi, menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia dan seluruh stakeholders yang terlibat atas upaya pengembangan ekonomi syariah di KTI. Penyelenggaraan FESyar KTI 2023 diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi syariah di wilayah KTI, khususnya Kalimantan Timur. Lebih lanjut, Hadi Mulyadi menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi syariah di wilayah KTI dapat terus bangkit didukung oleh kontribusi dan peran Bank Indonesia, termasuk pihak perbankan. 

Upacara pembukaan FESyar KTI 2023 turut dihadiri oleh segenap unsur Forkopimda Kalimantan Timur, Kepala Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Pondok Pesantren dan Asosiasi, serta seluruh Pimpinan dari 19 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di KTI. Rangkaian kegiatan FESyar KTI 2023 digelar pada tanggal 25 hingga 28 Mei 2023, meliputi Sharia Forum yang berlokasi di Hotel Mercure Samarinda, dan Sharia Fair yang berlokasi di atrium utama Big Mall Samarinda. Rangkaian acara menuju 10th ISEF selanjutnya akan dilaksanakan pada FESyar Wilayah Sumatera pada Juli 2023 dan FESyar Wilayah Jawa pada Agustus 2023 di Medan dan Surabaya.

 

Jakarta, 26 Mei 2023

Kepala Departemen Komunikasi

Erwin Haryono

Direktur Eksekutif

sp_2514123_1.jpeg 




​​​

Lampiran
Kontak
Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​
Halaman ini terakhir diperbarui 2/16/2024 3:03 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga