No.23/ 91 /DKom
Survei
Konsumen (SK) Bank Indonesia pada Maret 2021 mengindikasikan
berlanjutnya perbaikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi. Hal
tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK)[1]
Maret 2021 sebesar 93,4, meningkat dibandingkan dengan 85,8 dan 84,9
pada bulan Februari dan Januari 2021. Responden menyampaikan bahwa
perkembangan program vaksinasi nasional yang berjalan lancar mendorong
perbaikan keyakinan terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi
ke depan. Perbaikan keyakinan konsumen tercatat pada seluruh kategori
tingkat pengeluaran responden, serta pada seluruh kelompok pendidikan.
Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 12 kota yang disurvei,
tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Pontianak.
Berdasarkan
hasil SK, perbaikan keyakinan konsumen pada Maret 2021 didorong oleh
membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan
persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini. Responden menyampaikan bahwa
perbaikan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan
ditopang oleh membaiknya ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan
kerja, ekspansi kegiatan usaha, dan penghasilan pada 6 bulan yang akan
datang. Selain itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini
terpantau membaik, didorong perbaikan persepsi terhadap ketersediaan
lapangan kerja, penghasilan, dan pembelian barang tahan lama.
Hasil lengkap survei dapat dilihat dalam Survei Konsumen di website Bank Indonesia.
Jakarta, 9 April 2021
Kepala Departemen Komunikasi
Erwin Haryono
Direktur Eksekutif
Informasi tentang Bank Indonesia
Telp. 021-131, Email : bicara@bi.go.id
[1] Indeks di atas 100 berarti pada area optimis dan di bawah 100 berarti berada pada area pesimis
