Peraturan

BI Icon

Departemen Komunikasi​

12/28/2021 12:00 AM
Hits: 3260

Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 23/28/PADG/2021 tentang Perubahan atas Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/4/PADG/2019 tentang Pelaporan Kegiatan Lalu Lintas Devisa Berupa Utang Luar Negeri dan Transaksi Partisipasi Risiko

Peraturan Anggota Dewan Gubernur
Moneter
Berlaku

RINGKASAN PERATURAN BANK INDONESIA

 

 

Peraturan     :   Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 23/28/PADG/2021 tentang Perubahan atas Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor  21/4/PADG/2019 tentang  Pelaporan Kegiatan Lalu Lintas Devisa Berupa Utang Luar Negeri dan Transaksi Partisipasi Risiko

Berlaku        :   Mulai tanggal 1 Juli 2022

Ringkasan:

Latar Belakang Pengaturan:

Penerbitan PADG ini dilatarbelakangi adanya kebutuhan pengembangan pelaporan Utang Luar Negeri (ULN) dan Transaksi Partisipasi Risiko (TPR) yang lebih komprehensif serta mekanisme pelaporan yang semakin baik untuk mendapatkan informasi yang berkualitas. Pengembangan pelaporan ULN dan TPR dilakukan melalui penyelarasan dengan teknologi terkini dan framework integrasi pelaporan (BI-ANTASENA). Selain itu pengembangan pelaporan juga dilakukan dalam rangka mengakomodasi penambahan beberapa data dan/atau informasi terkait ULN dan TPR yang diperlukan untuk mendukung:

  1. Peningkatan kualitas statistik Neraca Pembayaran Indonesia (NPI), statistik Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia, dan statistik ULN Indonesia.
  2. Peningkatan kualitas pengawasan pelaporan ULN dan TPR terutama terkait dengan penyampaian dokumen pendukung pelunasan ULN dan TPR.

Substansi Penyempurnaan Pengaturan:

  1. Penambahan kewajiban penyampaian laporan rencana pembayaran bunga bagi penerbit Surat Utang.
  2. Pendelegasian perubahan format laporan ULN dan/atau TPR melalui laman pelaporan di Bank Indonesia dalam hal terdapat perubahan petunjuk teknis dan/atau format pelaporan.
  3. Penambahan keharusan penyampaian dokumen pendukung untuk pelunasan ULN jenis Perjanjian Pinjaman dan Surat Utang selain Banker's Acceptance.

Perubahan alamat penyampaian laporan ULN secara online melalui https://www.pelaporan.bi.go.id

Lampiran
Kontak

​Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 1/6/2022 8:23 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga