Berita PPID

BI Icon
Departemen Komunikasi​ ​
4/6/2023 9:00 PM
Hits: 777

Sinergi Keterbukaan Informasi, Makin Erat Makin Sigap

PPID Bank Indonesia - Jakarta, Februari 2023 - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik serta memenuhi hak publik atas informasi, Bank Indonesia tanpa henti berinovasi dan bersinergi dengan kementerian dan/atau lembaga lain.

Pada tanggal 24 Februari 2023, Bank Indonesia menyambut PPID Sekjen DPR RI untuk melakukan kegiatan benchmarking dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik sebagai salah satu bentuk ruang untuk saling berbagi dan mencari insight dalam peningkatan praktik keterbukaan informasi publik yang semakin bermakna.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama hampir 3 jam tersebut, perwakilan dari PPID Bank Indonesia, Silvia Sri Mustika dan jajaran lainnya, memaparkan praktik keterbukaan informasi publik yang dijalankan oleh Bank Indonesia. Disampaikan juga bahwa komitmen yang kuat baik dari pimpinan lembaga maupun seluruh keluarga besar Bank Indonesia menjadi success journey PPID Bank Indonesia dalam mengelola layanan informasi publiknya.

Namun, Silvia juga mengakui bahwa pencapaian Bank Indonesia sebagai badan publik non kementerian dengan predikat informatif, tentunya juga menghadapi berbagai tantangan dari sisi sumber daya, proses-proses, dan teknologi dalam menjalankan layanan informasi publiknya.

Dalam sesi diskusi, Sugeng Irianto selaku Kepala Subbagian Informasi Publik dan Kunjungan Masyarakat dari PPID Sekjen DPR RI, menyampaikan bahwa keseriusan PPID Sekjen DPR RI dalam mengelola layanan informasi tergambar dari kemudahan publik dalam mengakses dan memohonkan informasi melalui berbagai kanal layanan, seperti Whatsapp dan E-PPID. Ia juga menyampaikan rencana untuk semakin menyempurnakan dan menambah kanal layanan untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi. 

Menilik pada profil Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Sekretariat Jenderal DPR RI yang telah ditetapkan oleh Sekretaris Jenderal DPR RI sejak tahun 2010, menggambarkan bahwa pengelolaan layanan informasi publik di Sekjen DPR RI sangat matang dan terpercaya, hal ini terbukti pada tahun 2022, PPID DPR RI Kembali meraih Lembaga negara dengan predikat informatif.

Atas pengalaman dan pencapaian-pencapaian yang telah dicapai oleh PPID Sekjen DPR RI, Bank Indonesia banyak memetik pembelajaran, terobosan, dan inovasi yang telah dilakukan segenap jajaran PPID Sekjen DPR RI PPID dalam mengelola layanan informasinya secara baik.

Pada akhir kegiatan benchmarking, PPID Bank Indonesia dan PPID Sekjen DPR RI sepakat untuk terus mempererat aksi kolaborasi dan sinergi dalam mewujudkan keterbukaan informasi yang semakin kuat, efektif, dan berdampak baik terhadap kehidupan masyarakat maupun untuk terselenggaranya good corporate governance di Indonesia.


Lampiran
Kontak

Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
​​Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​​​​​

Halaman ini terakhir diperbarui 4/10/2023 10:28 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga