Berita Terkini (Siaran Pers)

BI Icon

​​Departemen Komunikasi​​​​​​​

10/28/2021 5:00 PM
Hits: 834

Majukan UMKM Melalui Percepatan Sertifikasi Halal

Siaran Pers
 

No.23/280/DKom

Sertifikasi halal gratis memiliki peran penting dalam mendorong daya saing UMKM, termasuk kemajuan kaum perempuan di Indonesia. Hal itu sejalan dengan peran besar perempuan dalam kegiatan wirausaha dan gaya hidup halal yang terus  berkembang pesat, termasuk di era digital. Data menunjukkan 37 juta UMKM atau lebih dari 60% dikelola oleh perempuan dan 35% dari penjulaan online dihasilkan oleh perempuan. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam acara Forum Khadijah dengan tema “Menuju Sejuta Sertifikasi Halal" yang menjadi bagian Puncak Acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-8 hari ke-empat, 28 Oktober 2021.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya perempuan pelaku UMKM meneladani Khadijah, istri Nabi Muhammad SAW, yang adalah seorang pengusaha wanita yang berhasil.  Pertama, berbisnis yang langgeng dan bukan mengejar keuntungan sesaat. Kedua, bisnis adalah memberi manfaat bersama.   Ketiga, berbisnis sebagai bagian dari membangun keluarga yang Sakinah, Mawaddah dan Warahmah.  Dalam mendukung perkembangan UMKM tersebut, Bank Indonesia akan terus berkerjasama dengan berbagai pihak melalui pembentukan klasterisasi ataupun korporatisasi, pendampingan, dan penguatan akses, termasuk dengan memanfaatkan  digitalisasi.

Masih dalam rangkaian puncak acara ISEF ke-8 2021, Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, dalam acara The 1st Islamic Economics Education Summit in Collaboration with the 7th International Symposium on Islamic Economics and Finance Education, menyampaikan bahwa edukasi untuk meningkatkan literasi masyarakat secara luas, merupakan upaya penguatan sektor ekonomi dan keuangan syariah dari sisi permintaan. Sementara pada sisi penawaran, sektor ekonomi dan keuangan syariah membutuhkan sistem pendidikan yang mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dalam jumlah yang memadai. SDM yang berkualitas akan meningkatkan kinerja pelaku industri dengan inovasi produk dan pelayanan serta strategi bisnis yang tepat. Di sisi lain SDM yang berkualitas mampu menciptakan lingkungan industri ekonomi dan keuangan syariah yang berkembang lebih besar dan memberi kemanfaatan kepada masyarakat lebih luas. Faktanya saat ini tenaga kerja di industri keuangan syariah hampir 90% bukan berasal dari program studi ekonomi dan keuangan syariah, ini menunjukkan adanya urgensi penyempurnaan sektor pendidikan ekonomi dan keuangan syariah.

Puncak acara ISEF 2021 masih akan berlangsung sampai dengan tanggal 30 Oktober 2021. Rangkaian acara diselenggarakan secara hybrid, kerjasama antara Bank Indonesia dan Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) dan sejumlah mitra strategis dibidang ekonomi keuangan syariah. 

 

Jakarta, 28 Oktober 2021
Kepala Grup Departemen Komunikasi
Junanto Herdiawan
Direktur

 

Informasi tentang Bank Indonesia

Tel.021-131, email : bicara@bi.go.id

 

Lampiran
Kontak
Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Halaman ini terakhir diperbarui 11/3/2021 2:53 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga