Cerita BI

BI Icon
​Departemen Komunikasi​
4/2/2024 8:00 AM
Hits: 8456

5 Panduan Praktis Saat Menggunakan QRIS


5 Panduan Praktis Saat Menggunakan QRIS

Pernahkah merasa kebingungan saat ditanya pertanyaan seperti "Pakai QRIS apa, Kak?" atau "Pembayaran pakai QRIS transaksi minimal harus Rp10.000 (Sepuluh Ribu Rupiah), Bu" atau bahkan "Pembayaran menggunakan QRIS akan ada charge Rp1.000 (Satu Ribu Rupiah) ya Pak".

Nah, Anda bisa ikuti panduan praktis berikut agar Anda juga bisa turut serta memberikan edukasi tentang QRIS.

  1. Apa Itu QRIS dan mengapa penting untuk diketahui?
    QRIS, singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, adalah sebuah sistem pembayaran digital yang menggunakan standar QR code. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi dengan cepat, mudah, murah, aman dan andal. Mengapa penting untuk d​iketahui? Karena dengan QRIS, Anda tidak perlu repot-repot mengunduh banyak aplikasi pembayaran. Cukup dengan satu aplikasi, Anda dapat melakukan transaksi dengan memindai QR pembayaran apapun yang telah distandarisasi menjadi QRIS.
    Itu artinya QRIS dapat memproses seluruh transaksi pembayaran menggunakan QR, meski penyelenggara QRIS yang Anda gunakan berbeda dengan penyelenggara QRIS yang digunakan oleh merchant.

  2. Tidak Ada Batasan Minimal Transaksi, Benarkah?
    Ya, benar sekali! Dengan QRIS, Anda dapat melakukan pembayaran dengan nilai nominal yang sangat rendah, bahkan hanya Rp1 (Satu Rupiah) sekalipun. Ini berarti tidak ada batasan minimal transaksi yang harus Anda khawatirkan. 

  3. Apakah Ada Batasan Maksimum Transaksi?
    Meskipun tidak ada batasan minimal transaksi, QRIS tetap membatasi nilai maksimum transaksi hingga Rp10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah) per transaksi. Hal ini dilakukan untuk menjaga transaksi tetap aman dan mencegah terjadinya penyalahgunaan sistem. 

  4. Apakah Ada Biaya Tambahan untuk Pengguna?
    Anda tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan saat menggunakan QRIS. Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, pengguna QRIS tidak dikenai biaya tambahan saat melakukan transaksi. Kebijakan ini merupakan upaya menjaga keberlangsungan QRIS untuk Merchant dan Pengguna sebagai layanan dengan skema harga yang efisien dibandingkan opsi metode pembayaran lainnya.

  5. QRIS Tuntas: Apa Fitur Terbaru yang Tersedia?
    ​QRIS tidak hanya untuk pembayaran, melainkan juga bisa digunakan untuk tarik tunai, transfer, dan setor tunai. Fitur terbaru ini dikenal dengan sebutan QRIS Tuntas, yang memperluas fungsionalitas QRIS dalam berbagai kebutuhan keuangan Anda. 
    QRIS bukan hanya tentang kemudahan transaksi, tetapi juga tentang inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi yang lebih luas. Dengan panduan praktis ini, Anda akan lebih percaya diri dalam menggunakan QRIS untuk setiap transaksi. QRIS-nya satu, menangnya banyak! ​


Lampiran
Kontak

Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 4/2/2024 8:18 AM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga