Pendalaman Pasar Keuangan Syariah

BI Icon
Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah
11/10/2017 7:00 AM
Hits: 7439

Pengembangan Skim (instrumen) Keuangan Syariah untuk Pembiayaan Infrastruktur

 

Pada Jumat, 10 November 2017, Bank Indonesia mengadakan Seminar Nasional Pembiayaan Infrastruktur dengan Skim Syariah yang merupakan rangkaian kegiatan dari Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2017 di Grand City, Surabaya. Seminar tersebut bertujuan Memperkuat konsep dan strategi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional melalui pengambangan instrument keuangan syariah beserta aplikasi hukum terkait ekonomi syariah.

Pentingnya seminar tersebut menarik perhatian banyak peserta baik dari kementerian, Badan Pengelola Keuangan Haji, Direksi Perbankan, Direksi Perusahaan Syariah, Praktisi, Akademisi, Peneliti dan Mahasiswa. Seminar diisi oleh Dr. Nadratuzzaman, Badan Wakaf Indonesia; Abdullah Firman Wibowo, Presiden Direktur BNI Syariah; Ir. Jurist Efrida Robbiyantono, PT Provera Development; Dr. Benny Witjaksono, Badan Pengelola Keuangan Haji; Dr. Rifki Ismal, Bank Indonesia; Taufik Hendra Kusuma, Direktur Komersial PT HK Realtindo; dan Dr. Muhammad Cholifihani, Bappenas serta ditutup dengan keynotes dari Menteri PPN, Prof. Bambang Brodjonegoro.

Pada seminar tersebut setiap narasumber menyampaikan peluang dan tantangan dalam melakukan pembiayaan syariah pada proyek infrastruktur baik secara komersial maupun sosial seperti penggunaan dana wakaf. Bappenas mengindentifikasi tantangan pembiayaan infrastruktur yaitu dari perbedaan sumber dana pembiayaan yang umumnya berjangka pendek dengan permintaan investasi infrastruktur yang berjangka panjang serta belum optimalnya instrumen pasar dan lembaga keuangan syariah dalam mendukung pembiayaan infrastruktur. Di samping itu, Bank Indonesia juga telah melakukan serangkaian upaya untuk meningkatkan peran keuangan syariah dalam pembiayaan infrastruktur khususnya dengan optimalisasi potensi wakaf tunai, sukuk linked wakaf dan wakaf linked sukuk.

Lampiran
Kontak
Contact Center BICARA : (62 21) 131 e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Halaman ini terakhir diperbarui 9/9/2020 8:21 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga