Pendaftaran Teknologi Finansial - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
18 Oktober 2018
  • Pendaftaran Teknologi Finansial
  • Tata Cara Pendaftaran
  • Penyampaian data dan/atau Informasi

Pendaftaran diwajibkan kepada seluruh Penyelenggara Teknologi Finansial yang akan atau telah melakukan kegiatan yang memenuhi kriteria Teknologi Finansial sebagaimana disebutkan dalam pasal 3 ayat (2) PBI No.19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial. Namun demikian, kewajiban pendaftaran dikecualikan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia dan/atau Penyelenggara Teknologi Finansial yang berada di bawah kewenangan otoritas lain. Dalam hal Penyelenggara Teknologi Finansial berada di bawah kewenangan otoritas lain namun menyelenggarakan jasa sistem pembayaran, Penyelenggara Teknologi Finansial dimaksud wajib melakukan pendaftaran kepada Bank Indonesia.

Pendaftaran dilakukan dengan menyampaikan permohonan tertulis dari pihak yang berwenang mewakili Penyelenggara Teknologi Finansial dalam Bahasa Indonesia, disertai dengan formulir pendaftaran dan dokumen sebagaimana dipersyaratkan dalam pasal 7 ayat (2) PBI No.19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial. Adapun format surat permohonan, formulir, dan check list dokumen yang dipersyaratkan dapat di unduh pada tautan berikut:

Download Formulir Pendaftaran Penyelenggara Teknologi Finansial.zipDownload Formulir Pendaftaran Penyelenggara Teknologi Finansial.zip

Selanjutnya dokumen pendaftaran disampaikan kepada Bank Indonesia. Adapun formulir pendaftaran yang telah diisi secara lengkap dapat disampaikan terlebih dahulu melalui email ke alamat BIFintechOffice@bi.go.id.

Penyelenggara Teknologi Finansial yang telah terdaftar di Bank Indonesia wajib menyampaikan data dan/atau informasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 PADG No.19/15/PADG/2017 tentang Tata Cara Pendaftaran, Penyampaian Informasi dan Pemantauan Penyelenggaraan Teknologi Finansial. Adapun dokumen tersebut dapat di unduh pada tautan berikut:

Download Formulir Penyampaian data dan/atau Informasi.zipDownload Formulir Penyampaian data dan/atau Informasi.zip

Dokumen penyampaian data dan/atau informasi melalui email ke alamat BIFintechOffice@bi.go.id.

 

 

​Selanjutnya : Regulatory Sandbox

  

Show Left Panel