Cerita BI

BI Icon

​Departemen Komunikasi​

2/27/2023 12:00 AM
Hits: 57261

QRIS antarnegara : Jajan di Luar Negeri bisa Pake Rupiah!

Sekarang, jajan di luar negeri pakai mata uang Rupiah bukan lagi hanya angan-angan semata. 

Bank Sentral dari empat negara ASEAN, yaitu Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT), sudah sepakat bekerjasama dalam mewujudkan dan mendukung pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif. 

Salah satu perwujudannya adalah dengan mengimplementasikan QRIS antarnegara. Sebenarnya apa sih QRIS antarnegara itu? 

QRIS antarnegara adalah sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) berbasis kode QR yang dapat digunakan untuk transaksi lintas negara. 

Dengan QRIS antarnegara, transaksi antarnegara tidak perlu lagi mengkonversi atau menukarkan mata uang lagi saat berbelanja di negara yang dikunjunginya, cukup dengan memindai kode QR. 

Jadi, pembayaran atas transaksi yang dilakukan wisatawan asing di Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QRIS merchant Indonesia dengan menggunakan aplikasi pembayaran negaranya. 

Sebaliknya, pembayaran atas transaksi wisatawan Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QR standard negara yang dikunjunginya dengan menggunakan aplikasi pembayaran Indonesia. 

QRIS bisa dipakai di negara mana saja?

Saat ini, QRIS antarnegara sudah bisa digunakan di Thailand, Malaysia dan Singapura.  QRIS Jepang pun akan segera menyusul.​

Perluasan kerja sama ini dilakukan antara BI dengan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang melalui penandatanganan Nota Kerja Sama (NK) terkait Pembayaran Berbasis QR code. Kerja sama pembayaran digital lintas negara ini menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) dan Japan Unified QR Code (JPQR).

Bagaimana cara menggunakan QRIS antarnegara? 

Untuk menikmati kemudahan dari QRIS antarnegara, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mengunduh aplikasi perbankan atau jasa keuangan. 

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakannya : 

  1. Buka aplikasi pembayaran dan klik menu “Scan QRIS".
  2. Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer, dalam mata uang negara asal. Misal 10 baht (฿).
  3. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah (otomatis sudah terkonversi, misal dari 10 ฿ akan  otomatis menjadi Rp 4500).
  4. Masukkan PIN Anda akan menerima notifikasi bahwa transaksi berhasil dilakukan.
  5. Pembayaran dengan QRIS antarnegara selesai dilakukan.  
QRIS_Antar_ Negara_1.png

Kerja sama sistem pembayaran berbasis QR code ini merupakan wujud nyata implementasi dari G20 Roadmap for Enhancing Cross-border Payments, serta menjadi terobosan dalam memperkuat integrasi ekonomi kawasan sejalan dengan Keketuaan Indonesia pada ASEAN and co-Chairmanship Jepang pada ASEAN+3 di tahun 2023. 

Demikian adalah contoh penerapan QRIS antarnegara, yang mempermudah dan membuat proses pembayaran saat berbelanja di luar negeri menjadi lebih mudah dan efisien. Anda juga dapat menemukan informasi terupdate tentang QRIS hanya di website Bank Indonesia. 

Terakhir… 

Kira-kira masyarakat sudah pada tahu belum ya mengenai QR Code lintas negara ini? 

Yuk tonton video ini sampai habis 😉





Lampiran
Kontak

Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 12/11/2023 2:05 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga