Organisasi

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten

AMERIZA MA'RUF MOESA

Direktur – Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten

Ameriza Ma'ruf Moesa lahir di Bandung pada tahun 1969. Menyelesaikan pendidikan sarjana di Bidang Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 1993. Ameriza melanjutkan Pendidikan di International University of Japan dan mendapatkan gelar Master di Bidang Ekonomi pada tahun 2003.

Memulai kariernya di Bank Indonesia sejak tahun 1996 , saat ini Ameriza menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten sejak tahun 2024. Sebelumnya, Ameriza menjabat sebagai Kepala Grup Pengelolaan Uang Rupiah (2023-2024), Kepala Grup Command Center Distribusi & Layanan Kas (2022-2023), Deputi Kepala Perwakilan Grup SP PUR & MI (2020-2022).


Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)​
​​Unduh LHKPN


Peta

Kontak

​Jl. Raya Serang Pandeglang KM. 7, Palima Serang
​Serang, ​42163
Telp: (0254) 223875
Fax: (0254) 223788

Provinsi Banten merupakan pemekaran dari Provinsi Jawa Barat, yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Banten. Provinsi Banten memiliki Ibukota provinsi di Kota Serang. Banten terletak di antara 5º7'50"-7º1'11" Lintang Selatan dan 105º1'11"-106º7'12" Bujur Timur, dengan luas wilayah mencapai 9.663km². Provinsi Banten terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa. 

Secara geografis, letak Banten sangat strategis karena menjadi penghubung antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Provinsi Banten memiliki beberapa infrastruktur utama seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Cigading, Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Karangantu.

​Struktur Ekonomi Provinsi Banten menurut Lapangan Usaha didominasi oleh Sektor Industri Pengolahan. Selain industri pengolahan, lapangan usaha lain yang mendominasi perekonomian Banten yaitu Perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil-sepeda motor, lapangan usaha transportasi dan pergudangan, lapangan usaha konstruksi, lapangan usaha real estate, lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan. 

Berdasarkan Penelitian Komoditas/Produk/Jasa Usaha (KPJU) Unggulan UMKM Sektoral Provinsi Banten, sektor industri pengolahan antara lain industri emping mlinjo, industri pakaian jadi dari tekstil, Industri alas kaki, dan Mebel kayu.

Sementara itu, Komoditas perkebunan yang menjadi unggulan Provinsi Banten antara lain Kelapa, Karet, Kelapa Sawit dan Cengkeh. Komoditas Tanaman Pangan yang menjadi unggulan Provinsi Banten antara lain Padi, Palawija, Ubi Kayu dan Kedelai. 

​Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan taman nasional ini meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum, Pulau Peucang, dan Pulau Panaitan. Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten (KPw BI Provinsi Banten) telah mulai beroperasi sejak tanggal 28 Agustus 2008 karena Bank Indonesia memandang perlu mendirikan kantor Bank Indonesia pada wilayah di tanah air yang memiliki potensi dan kontribusi besar terhadap perekonomian. KPw BI Provinsi Banten menempati Gedung Kantor pertama di Jl. Yusuf Martadilaga No.12, Serang. Gedung kantor pertama tersebut digunakan sampai dengan bulan Juli 2014 dan selanjutnya pindah ke Jl. RM. HS. Jayadiningrat No.16, Serang. Pada awal pendiriannya, KPw BI Provinsi Banten hanya menjalankan fungsi terbatas yaitu fungsi ekonomi moneter dan manajemen intern. Selanjutnya, sebagai implementasi dari Arsitektur Fungsi Strategis Bank Indonesia menuju transformasi Bank Indonesia 2024, maka sejak tahun 2017 KPw BI Provinsi Banten dituntut untuk dapat meningkatkan fungsinya dan menambah fungsi baru dalam penyelenggaraan Sistem Pembayaran dan Peredaran Uang Rupiah sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. 

Pada tanggal 15 September 2017 dilakukan Peresmian Gedung (Grand Launching) oleh Gubernur Bank Indonesia dan Gubernur Provinsi Banten dengan tujuan untuk menginformasikan kepada seluruh stakeholder tentang keberadaan dan peran KPw BI Provinsi Banten. 

Adapun cakupan wilayah kerja KPwBI Provinsi Banten meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Pandeglang serta Kabupaten Lebak.​

Baca Juga