Organisasi

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat

SETIAN

Deputi Direktur – Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Barat

Setian lahir di Bengkalis pada tahun 1979. Menyelesaikan pendidikan sarjana di Bidang Ekonomi Universitas Tarumanegara pada tahun 2001.

Memulai kariernya di Bank Indonesia sejak tahun 2003, saat ini Setian menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat sejak tahun 2024. Sebelumnya, Setian menjabat sebagai Deputi Kepala Perwakilan Tim Perumusan & Implementasi KEKDA (2022-2024).



Peta

Kontak

​​Jl. Jogjakarta No.1
​​Manokwari, ​98311​
Telp: (0986) 216063
Fax: ​(0986) 216066

​Geografis :
Provinsi Papua Barat terletak antara 0°-4° Lintang Selatan dan antara 124°-132° Bujur Timur.
Luas Wilayah Papua Barat berupa daratan seluas 102.955,15km2

Batas Wilayah :
- Utara: Samudera Pasifik dan Negara Papua Nugini
- Selatan: Laut  Banda, Provinsi Maluku
- Barat: Laut Seram, Provninsi Maluku
- Timur: Provinsi Papua

Jumlah Kabupaten/Kota
Papua Barat terbagi menjadi 12 Kabupaten dan 1 kota:
1. Fakfak
2. Kaimana
3. Teluk Wondama
4. Teluk Bintuni
5. Manokwari
6. Sorong Selatan
7. Sorong
8. Raja Ampat
9. Tambrauw
10. Maybrat
11. Manokwari Selatan
12. Pegunungan Arfak
13. kota Sorong

Informasi lain
Nama Provinsi:
Provinsi Papua Barat semula bernama Irian Jaya Barat, terbentuk atas UU No.45 Tahun 1999. Pemekaran provinsi secara definitif berdasarkan Inpres No.1 Tahun 2003 dan berubah nama menjadi Provinsi Papua Barat berdasarkan Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 2007. Papua Barat merupakan provinsi yang memperoleh status otonomi khusus. 

Penduduk:
Provinsi Papua Barat terdiri dari 25 suku, antara lain arfak, doreri, mansim, atam, meyak, moskona, kuri, wamesa, moile, moi, imeko, ayamaru, aifat, aitinyo, tehit, salawit, waigeo, karas, kokas, arguni, baham, sanggrum, weri.

Pendatang didominasi oleh masyarakat dari suku Jawa, Bugis, Biak, Sunda, Makassar, Buton, Batak, Minahasa, Huli, dan Tionghoa. 

Mayoritas penduduk beragama Kristen dan sebagian lainnya adalah Islam, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. 

Semboyan
Cintaku Negeriku 
​Sektor Unggulan Daerah:
Sektor Pertanian, peluang investasi yang bisa dikembangkan dengan komoditas unggulan yaitu jagung dan kedelai.
Sektor Perkebunan, peluang investasi yang dikembangkan dengan unggulan yaitu kelapa sawit, kakao, pinang, kopi dan pala.
Sektor Kehutanan, peluang investasi yang dikembangkan dengan unggulan yaitu kayu, hutan mangrove, sagu, dan kayu putih.
Sektor Perikanan, peluang investasi yang bisa dikembangkan dengan komoditas unggulan yaitu udang, ikan tuna, rumput laut, kepiting.
Sektor Peternakan, peluang investasi yang bisa dikembangkan dengan komoditas unggulan yaitu sapi.
Sektor Pertambangan, peluang investasi yang bisa dikembangkan dengan komoditas unggulan yaitu batubara, migas.
Sektor Pariwisata, peluang investasi yang bisa dikembangkan dengan komoditas unggulan yaitu perhotelan, resort, tour dan travel, pengamatan burung, wisata bahari, olah raga air, panorama alam, sumber air panas, MICE. 

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong
Kabupaten Sorong memiliki letak yang strategis menjadi pintu masuk Papua Barat sebagai jalur perekonomian nasional. Terkait hal tersebut, pemerintah pusat membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong berdasarkan PP No.31 Tahun 2016 dengan kegiatan utama di sektor industri, logistik dan pengolahan ekspor. 
​Daerah Wisata Unggulan:

Raja Ampat
Menawarkan panorama indah dan menjadi tempat snorkeling dan diving terbaik di pulau Wayaq, Misool, Arborek. Selain keindahan alam bawah laut, peninggalan sejarah berupa lukisan di dinding-dinding gua juga dapat ditemukan di kawasan ini. Untuk mengunjungi Raja Ampat dapat menyewa paket live aboard atau speedboat yang dapat ditemukan di Kota Sorong, kota persinggahan sebelum menempuh perjalanan ke Raja Ampat. Festival Bahari Raja Ampat dilaksanakan di ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Waisai. Festival ini merupakan event tahunan daerah yang dilaksanakan pada pertengahan tahun dengan menampilkan kekayaan alam, seni, dan budaya. Perjalanan menuju Waisai dapat ditempuh menggunakan transportasi laut dan udara dari Kota Sorong.

Pulau Mansinam
Merupakan wisata sejarah peradaban masyarakat Papua, tempat pendaratan pertama 2 (dua) orang misionaris asal Jerman yang membawa ajaran agama Kristen. Setiap tanggal 5 Februari diperingati sebagai hari pekabaran injil dan dirayakan dengan meriah serta merupakan event tahunan di Papua Barat. Pulau Mansinam terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat dan untuk sampai ke Pulau Mansinam dapat ditempuh menggunakan transportasi laut dengan waktu ± 10 menit.

Teluk Triton
Rentetan pulau-pulau kecil, batu karang, air yang jernih, pemandangan pantai dan bawah laut yang indah. Teluk Triton dijuluki sebagai "The Fish Empire" karena terdapat ± 973 jenis ikan laut. Selain itu terdapat ± 492 jenis terumbu karang dan 16 diantaranya adalah jenis baru. Teluk Triton terletak di Kabupaten Kaimana yang dijuluki sebagai Kota Senja karena keindahannya dikala senja. Perjalanan ke Pulau Triton dapat ditempuh menggunakan transportasi laut dari Kota Kaimana.

Air Terjun Kiti-Kiti
Air Terjun Kiti-Kiti terletak di Kawasan Konservasi Taman Pesisir Teluk Nusalasi, Kabupaten Fakfak. Di sekeliling lokasi terdapat  gunung, hutan tropis serta laut biru yang jernih. Jika air laut sedang surut maka  terbentuk sebuah pantai di bawah air terjun tersebut. Di sisi lain, ketika air laut sedang pasang maka air terjun tersebut langsung mengalir tanpa ada batasan ke arah pantai. Untuk mencapai lokasi dari Pelabuhan Fakfak, bisa menggunakan perahu motor fiber bermesin ganda dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. 
Sejarah  :
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat berada di Kabupaten Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat.
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat diresmikan oleh Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo pada tanggal 4 Desember 2014. Wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat meliputi 12 kota dan 1 kabupaten di wilayah provinsi Papua Barat.
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat memiliki 2 Kas Titipan yaitu Kas Titipan yang dikelola PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan dan Kas Titipan yang dikelola PT. BPD Papua Cabang Bintuni Kabupaten Teluk Bintuni. ​

Baca Juga