Organisasi

Departemen Keuangan

Rika S. Dewi

Direktur Eksekutif – Kepala Departemen Keuangan

​​Rika S. Dewi lahir di Bandung pada tahun 1969. Menyelesaikan pendidikan sarjana di Bidang Hukum Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1992. Rika melanjutkan Pendidikan di Columbia University dan mendapatkan gelar Master di Bidang Hukum pada tahun 1997. 
Memulai kariernya di Bank Indonesia sejak tahun 1994, saat ini Rika menjabat sebagai Kepala Departemen Keuangan sejak tahun 2024. Sebelumnya, Rika pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Audit Intern (2023-2024), Kepala Group Audit Strategis Departemen Audit Intern (2023), Kepala Grup Penasehat Hukum Departemen Hukum (2019-2023). ​
Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)​
​​Unduh LHKPN 



Visi

​Menjadi satuan kerja yang melaksanakan fungsi dan peran Chief Financial Officer (CFO) yang handal dan terpercaya.

Misi

Mewujudkan Manajemen Keuangan Bank Indonesia yang transparan dan akuntabel dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

Tugas Pokok

  • Melaksanakan, mengembangkan dan mengkomunikasikan strategi dan kebijakan bidang akuntasi, anggaran, pengendalian keuangan dan perpajakan dalam rangka melaksanakan peran Chief Financial Officer.
  • Melaksanakan dan merencanakan Anggaran Tahunan Bank Indonesia (ATBI) dan Rencana
  • Investasi (RI) melalui koordinasi dengan seluruh Satuan Kerja.
  • Menyusun dan mengomunikasikan laporan keuangan Bank Indonesia kepada stakeholders dan mengoordinasikan alokasi surplus untuk Pemerintah atau penambahan modal dari Pemerintah.
  • Mengembangkan dan melaksanakan strategi bidang pengendalian keuangan dalam rangka menjaga sustainabilitas keuangan Bank Indonesia.
  • Melaksanakan pengelolaan perpajakan Bank Indonesia.
  • Melaksanakan pengelolaan proses bisnis sistem keuangan Bank Indonesia.
  • Menetapkan dan melaksanakan Business Continuity (BCP) Sistem Keuangan Bank Indonesia (SKBI).
  • Melaksanakan kerjasama dan koordinasi dengan stakeholders eksternal di bidang Manajemen Keuangan Bank Indonesia, baik nasional maupun internasional, antara lain DPR  RI, Kementerian Keuangan, auditor eksternak, Komite Kebijakan Akuntansi Keuangan Bank Indon sia (KAKBI), Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI), bank sentral dan lembaga keuangan lainnya​



Baca Juga