Untungnya nih, di ajang Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) x Indonesia Fintech Summit and Expo (IFSE) 2025, Bank Indonesia (BI) baru saja meluncurkan inovasi yang akan semakin memudahkan kita dalam menggunakan transportasi publik, yaitu QRIS Tap In-Tap Out.
Dengan Inovasi ini, pengalaman Sobat naik angkutan umum akan menjadi sangat efisien, tanpa lagi terikat pada suatu kartu saja. Terus, gimana sih QRIS Tap In-Tap Out ini bisa merubah cara kita bepergian dan semakin memudahkan? Simak baik-baik, ya!
QRIS Tap In-Tap Out: Bayar Tanpa Ribet, Pergi Tanpa Cemas
QRIS, yang semula berfokus pada pembayaran berbasis scan, kini berkembang dengan QRIS TAP, fitur berbasis teknologi NFC contactless. Fitur ini memperkenalkan Single Tap untuk tarif tetap serta Tap In–Tap Out untuk sistem tarif dinamis sesuai jarak di transportasi.
Dengan QRIS Tap In-Tap Out, Sobat tidak perlu lagi repot harus membawa kartu fisik di dompet. Cukup menggunakan aplikasi pembayaran digital (seperti e-wallet atau mobile banking) yang sudah mendukung fitur QRIS Tap. Handphone Sobat kini berfungsi layaknya kunci universal untuk masuk ke berbagai moda transportasi.
Proses tapping yang super cepat dengan waktu tap hanya sekitar 0,3 detik untuk satu kali transaksi, menjadikannya lebih unggul dibandingkan metode pembayaran QRIS sebelumnya yang memerlukan scan QR atau penggunaan chip seperti pada kartu uang elektronik. 
Dengan QRIS Tap In-Tap Out ini, tentunya akan menghilangkan antrian panjang di mesin vending tiket atau di gerbang putar. Perjalanan Sobat jadi lebih mulus, dan lebih menghemat waktu, mantap, kan?
Inilah Transportasi yang Sudah Bisa Pakai QRIS Tap In-Tap Out
QRIS Tap in-Tap Out secara bertahap sudah mulai tersedia di transportasi publik utama yang kita gunakan sehari-hari. Khusus untuk kota Jakarta, QRIS Tap In-Tap Out ini sudah bisa digunakan di lima moda transportasi, yaitu: 
KRL:  Sebagai tulang punggung komuter penghubung JABODETABEK, kini pengguna KRL bisa menggunakan aplikasi pembayaran digital favorit mereka yang sudah mendukung fitur QRIS Tap untuk memberikan alternatif mudah selain kartu konvensional.
MRT Jakarta: Implementasi QRIS Tap In-Tap Out sudah dilakukan penuh di seluruh stasiun pada gerbang dengan tanda khusus. Dengan Ini, menciptakan pengalaman seamless dan modern bagi Sobat pengguna MRT.
LRT Jakarta dan LRT Jabodebek: Jaringan LRT yang modern sejak awal sudah dirancang untuk mendukung pembayaran digital yang canggih, termasuk sistem QRIS berbasis tap ini.
Transjakarta (Non-BRT): Pada armada Non-Bus Rapid Transit (Non-BRT), fitur Tap On Bus berbasis QRIS sedang diimplementasikan secara bertahap. Ini mempermudah pembayaran di dalam bus yang biasanya menggunakan metode konvensional dengan menggunakan kartu.
Transjakarta (Koridor BRT): Secara bertahap, gerbang di koridor utama Bus Rapid Transit (BRT) juga akan mendukung sistem ini, tentunya dengan QRIS Tap In-Tap Out, memberikan Sobat lebih banyak pilihan pembayaran di gate halte bus.
Untuk daerah lainnya, jangan khawatir, Sobat. 13 provinsi telah mengadopsi QRIS TAP di berbagai moda transportasi, mulai dari bus seperti DAMRI, hingga transportasi perkotaan. 
Komitmen Digitalisasi Bank Indonesia: Memastikan Mobilitas Tanpa Sekat di Sektor Transportasi
Kenapa Bank Indonesia begitu gencar mendorong QRIS di sektor transportasi? Karena Bank Indonesia ingin memastikan konektivitas dan efisiensi sistem pembayaran nasional. Terlebih, sektor transportasi merupakan salah satu tulang punggung perekonomian dan mobilitas masyarakat di Indonesia. 
Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang signifikan dan urbanisasi yang terus meningkat, kebutuhan akan sistem transportasi yang efisien, terintegrasi, dan mudah diakses menjadi semakin penting di era digital saat ini.
Untuk itu, dengan diluncurkannya QRIS Tap in-Tap Out ini, diharapkan mampu mewujudkan transportasi publik yang tidak hanya efisien tetapi juga inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.
Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Sistem Pembayaran yang Sama 
QRIS adalah standar tunggal dalam digitalisasi pembayaran. Artinya, dengan satu standar pembayaran ini, kita sebagai pengguna tidak perlu lagi memiliki berbagai macam kartu atau aplikasi khusus untuk setiap pembayaran. Cukup satu sistem pembayaran yang sama yang ada di ponsel Sobat, dan ini bisa digunakan di mana saja.
Inilah wujud nyata dari komitmen Bank Indonesia dalam menciptakan Ekonomi dan Keuangan Digital (EKD) yang inklusif. Mobilitas yang mudah dan cepat bukan hanya soal waktu tempuh, tetapi juga fondasi penting yang mendukung kegiatan ekonomi kita sehari-hari.
Inovasi seperti QRIS TAP fitur Tap In–Tap Out di sektor transportasi menunjukkan bagaimana teknologi mampu meningkatkan layanan publik sekaligus memperluas akses ekonomi masyarakat. 
Dengan QRIS Tap in-Tap out, perjalanan Sobat tidak hanya akan lebih cepat dan mudah, tetapi juga menjadi bagian dari gerakan modernisasi sistem pembayaran nasional. 
Ke depan, QRIS TAP juga akan diperluas ke sektor ritel dengan instrumen pembayaran lainnya, baik di pusat perbelanjaan, parkir dan sektor UMKM. Hal ini akan memperkuat peran QRIS sebagai standar pembayaran digital yang universal di Indonesia.
Yuk, mari kita nikmati kemudahan ini dan jadikan transportasi publik sebagai pilihan utama kita untuk ekonomi Indonesia yang berdaya tahan dan berkelanjutan!