Cerita BI

BI Icon

​​Departemen Komunikasi​

1/1/2024 12:00 AM
Hits: 32026

QRIS Cross-border Solusi Transaksi Antar Negara

Perkembangan teknologi saat ini memberikan banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan maupun aktivitas kita sehari-hari. Misalnya saja di saat pandemi, tanpa harus datang ke kantor kita tetap bisa bekerja dan melakukan rapat secara daring. Kondisi saat ini tak ubahnya seperti memasuki era baru secara perlahan. Seperti era di mana dulu kita hanya menyaksikan program televisi, kini menyaksikan streaming di jejaring sosial. 

Perkembangan teknologi berjalan selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan serta adanya dorongan kebutuhan, seperti kebutuhan kita untuk tetap produktif di tengah pandemi. Dengan adanya perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan dan kebutuhan tersebut, lahirlah sebuah inovasi hampir di setiap lini kehidupan. Tak terkecuali, inovasi pada sektor ekonomi keuangan. Kini, hanya dengan menggunakan gawai, transaksi dapat dengan mudah diselesaikan. Tentunya, hal tersebut tak lepas dari peran Quick Response Code Indonesia Standard atau biasa disingkat QRIS.

Bank Indonesia pun telah melakukan uji coba QR Cross-border dengan Malaysia dan Thailand yang memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code. QR Cross-border memiliki peran penting untuk meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, dan menjaga stabilitas makroekonomi dengan memperluas penggunaan penyelesaian transaksi menggunakan mata uang lokal (LCS). 

Bahkan, QR Cross-border disinyalir dapat meningkatkan transaksi UMKM, karena memudahkan konsumen mancanegara untuk bertransaksi saat membeli produk lokal. Begitu pula pada sektor pariwisata, para wisatawan asing nantinya cukup menggunakan QR Cross-border jika ingin bertransaksi saat vakansi di Indonesia. Begitu juga jika kita ingin bepergian ke luar negeri. Lewat efisiensi yang ditawarkan, QR Cross-border diharapkan juga dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi di berbagai sektor.

Dengan berbagai keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan, tak heran jika Cross Border Payment yang di dalamnya terdapat QR Cross-border masuk ke dalam pembahasan di jalur keuangan Presidensi G20. Bank Indonesia pun berkomitmen untuk mengembangkan pembayaran digital tersebut, dengan memperhatikan keseimbangan antara mendukung inovasi dan mitigasi risiko.


INFOGR_QR_Cross_Border-06.png


Lampiran
Kontak

​Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 2/21/2024 1:59 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga