Cerita BI

BI Icon

​Departemen Komunikasi

6/21/2022 12:00 AM
Hits: 2832

Perekonomian Mulai Pulih, apa saja jurus Bank Indonesia

​​

Pandemi Covid-19 yang berdampak pada hampir seluruh lini kehidupan, telah berjalan lebih dari dua tahun. Kini, pemulihan di berbagai sektor mulai menunjukkan hasil. Tak terkecuali pada perekonomian yang juga berangsur pulih.


Tentu saja, pulihnya ekonomi pasca pandemi diharapkan terus terakselerasi dan Indonesia kembali kepada jalur pertumbuhan ekonominya. Bahkan di tahun 2022, ekonomi Indonesia diharapkan bertumbuh pada kisaran 4,5% - 5,3%. Masih terdapat tantangan global yang berasal dari percepatan normalisasi kebijakan moneter bank sentral global, berlanjutnya tekanan geopolitik Rusia dan Ukraina, hingga perlambatan ekonomi Tiongkok yang di luar perkiraan akibat “Zero Covid Policy”. Dampaknya, International Monetary Fund (IMF), World Bank serta OECD (Organization for Economic Co-operation and Development) kembali melakukan revisi ke bawah proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia.


Tapi tenang Sobat, kondisi perekonomian Indonesia secara domestik cukup baik dengan meningkatnya berbagai indikator. Misalnya saja, permintaan domestik pasca pandemi yang mulai meningkat, volatilitas nilai tukar yang terjaga apabila dibandingkan negara lain, tingginya pertumbuhan kredit yang tercatat mencapai 9,10% (yoy) April 2022, hingga Neraca Pembayaran yang terjaga karena tingginya harga ekspor komoditas global.


Apa rahasianya? Simak dalam infografik di bawah ya!

Jurus-Jitu-Bank-Indonesia-untuk-Perekonomian-Bangsa.jpg


Lampiran
Kontak
​​Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Halaman ini terakhir diperbarui 6/21/2022 5:20 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga