Cerita BI

BI Icon

Departemen Komunikasi​

6/16/2021 6:00 PM
Hits: 1842

Mengenal Direksi Pertama De Javasche Bank


Setelah pada tanggal 24 Januari 1828 Mr. Christiaan De Haan dan C.J. Smulders dipilih sebagai presiden dan sekretaris dari De Javasche Bank, bank tersebut segera memilih orang-orang yang cocok untuk menjadi direksinya. Hal tersebut sesuai dengan Oktroi De Javasche Bank I yang berlaku selama 10 tahun sejak tanggal 1 Januari 1828 sampai tanggal 31 Desember 1837 dan diperpanjang sampai dengan tanggal 31 Maret 1838.

Kemudian, dalam rapat pertamanya tanggal 20 Februari 1828, yang dilakukan di gedung Societeit de Harmonie, Batavia, ditetapkan direktur-direkturnya, yaitu:

O.M. Roberts : Pengurus Firma Thompson, Roberts & Co.

C. Ten Brink   : Pengurus Firma Ten Brink & Reynst

A. J. L. Ram   :Presiden Direktur dari Factorij der Nederlandsch Handel Maatschappij

Jika kita perhatikan, pemilihan direktur-direktur tersebut sangatlah kental kepentingan untuk mengakomodasi usaha dari perkebunan-perkebunan yang ada di Hindia Belanda, terutama perkebunan milik Pemerintah Kolonial. Selain itu, posisi dari para direktur di tempat asal mereka bekerja juga menimbulkan kesulitan tersendiri. Gaji yang mereka terima sebesar ƒ18.000 dianggap terlalu rendah jika dibandingkan dengan pendapatan mereka sebagai pengusaha/pedagang dan atau sebagai pemimpin perusahaan.

Mereka pun meminta persyaratan-persyaratan sendiri. A. J. L. Ram dalam pengangkatannya mengatakan bahwa dia menerima jabatan tersebut tanpa adanya penerimaan upah, dan disamping itu, jika ia berhalangan hadir karena pekerjaan utamanya sebagai pimpinan dari Factorij der Nederlandsch Handel Maatschappij atau NHM, maka ia berhak menunjuk penggantinya yang juga berasal dari NHM. O.M. Roberts dan C. Ten Brink menyatakan keberatan atas Pasal 56 dari oktroi yang ada yang isinya bahwa salah satu Direktur harus hadir di kantor DJB setiap harinya selama tiga jam. Mereka menyatakan tidak bisa melakukan itu karena posisi mereka sebagai pemimpin usaha dagang. Keberatan itu segera ditanggapi oleh Komisaris Jenderal dan kewajiban berada selama tiga jam di kantor DJB yang terdapat pada Pasal 56 tersebut diubah menjadi satu jam, dengan pengertian bahwa setiap hari setidak-tidaknya selama satu jam Presiden, Sekretaris dan salah satu Direktur harus dapat berkumpul di DJB.

 

 

Lampiran
Kontak
​Contact Center BICARA : (62 21) 131 e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Halaman ini terakhir diperbarui 6/16/2021 6:55 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga