Indonesia terus melakukan transformasi digital. Kini, digitalisasi telah merambah berbagai bidang dan menjangkau hampir semua kalangan. Bank Indonesia menjadi salah satu pihak yang berperan signifikan dalam digitalisasi, terutama yang terkait dengan sistem pembayaran.
Dalam lima tahun terakhir, digitalisasi sistem pembayaran dilakukan dengan mengacu pada Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025) yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pertama kali pada 2019. Sejak diimplementasikan, berbagai hasil positif telah diraih melalui inisiatif melalui inisiatif Standar nasional Open API Pembayaran (SNAP), QR Code Indonesian Standard (QRIS), BI-FAST, elektronifikasi program sosial Pemerintah, Kartu Kredit Indonesia yang mendukung kelancaran transaksi keuangan Pemerintah, reformasi regulasi untuk memperkuat industri pembayaran nasional, bahkan merambah konektivitas antarnegara.
Bagaimana ulasan lebih lengkap mengenai berbagai inisiatif Bank Indonesia dalam digitalisasi Sistem Pembayaran tersebut?
Majalah BICARA Edisi 105 telah menyajikan ulasan yang akan menambah wawasan Sobat. Juga, masih banyak Informasi menarik lainnya, seperti upaya Bank Indonesia dalam peningkatan pembiayaan untuk para pelaku usaha syariah sebagai langkah untuk mendorong sektor ekonomi dan keuangan syariah (EKSyar) Indonesia, jelajah Wisata Sumatra Utara hingga kuliner serta UMKM yang wajib Sobat jajaki saat bertandang kesana.
Selamat membaca!