Berita Terkini (Siaran Pers)

BI Icon

Departemen Komunikasi​

6/7/2023 7:00 PM
Hits: 4003

Bank Indonesia Bersinergi dengan Perguruan Tinggi Dorong Perluasan Literasi Keuangan UMKM melalui SIAPIK

Siaran Pers
 

No. 25/151/DKom ​

Peningkatan literasi keuangan UMKM melalui pencatatan keuangan secara digital akan mendorong UMKM dalam mengakses pembiayaan, pasar, dan meningkatkan kapasitas produksinya. Hal ini diwujudkan melalui peningkatan literasi pencatatan keuangan UMKM menggunakan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK). Untuk itu, Bank Indonesia (BI) bersinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) mendorong peningkatan literasi keuangan UMKM dalam memanfaatkan SIAPIK melalui komitmen yang dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) sebagai implementasi nota kesepahaman yang telah dilakukan BI dan Perguruan Tinggi.  Hari ini telah dilakukan penandatanganan PKS antara Bank Indonesia dengan beberapa Perguruan Tinggi, yaitu Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen dengan Politeknik Keuangan Negara STAN dan Universitas Trisakti, KPw BI Provinsi Sulawesi Selatan dengan Universitas Hasanudin, KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan dengan Universitas Lambung Mangkurat, KPw BI Provinsi Jawa Tengah dengan Universitas Diponegoro, serta KPw BI Provinsi Sumatera Barat dengan Universitas Andalas. Komitmen ini merupakan salah satu upaya BI untuk mengakselerasi target porsi pembiayaan perbankan kepada UMKM sebesar 30% pada tahun 2024 sebagaimana dicanangkan oleh Presiden RI. Demikian mengemuka pada acara Kick Off Sinergi Mendorong Akses Keuangan UMKM melalui Pemanfaatan SIAPIK (SEMANGAT SIAPIK) yang dilakukan secara hybrid pada hari ini (7/6).

Sejalan dengan itu, upaya Bank Indonesia dalam peningkatan akses pembiayaan UMKM dilakukan baik dari sisi supply maupun demand. Kebijakan Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) utamanya untuk mendorong perbankan untuk menyalurkan pembiayaan inklusif dari sisi supply. Sementara dari sisi demand, Bank Indonesia memfasilitasi peningkatan kapasitas UMKM sehingga siap menerima pembiayaan. Adapun sinergi BI dengan Perguruan Tinggi dalam peningkatan literasi keuangan UMKM melalui SIAPIK tahun 2023 dilakukan dalam bentuk Training of Trainers (ToT), sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada UMKM.

Deputi Gubernur, Juda Agung menekankan UMKM perlu didorong untuk mampu meningkatkan kapasitasnya dalam manajemen keuangan sehingga mampu menganalisis kinerja keuangannya melalui pencatatan keuangan, salah satunya menggunakan aplikasi SIAPIK. Bank Indonesia telah berupaya menggiatkan kampanye penggunaan SIAPIK melalui Kantor Perwakilan Dalam Negeri serta bersinergi dengan Kementerian dan Lembaga, termasuk dengan Perguruan Tinggi untuk mengakselerasi pemanfaatan SIAPIK. Hal ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Melalui sinergi ini, Bank Indonesia berharap dapat memperbanyak jumlah serta meningkatkan kapasitas trainers maupun pendamping sebagai mentor bagi UMKM dalam melakukan pencatatan keuangan. Pada akhirnya diharapkan UMKM dapat naik kelas dan meningkatkan kontribusi nyata UMKM bagi perekonomian Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbud Ristek, Nizam menyampaikan bahwa Kemdikbud Ristek terus mendorong akselerasi sinergi Perguruan Tinggi dengan Kementerian/Lembaga, industri, dan stakeholders lainnya untuk menjadikan Perguruan Tinggi lebih relevan dan bermakna bagi masyarakat dalam rangka mewujudkan SDM yang unggul, kompetitif, dan memajukan daya saing bangsa.

Kegiatan dilanjutkan dengan talkshow yang mengangkat topik Optimalkan Perencanaan Keuangan Usaha dengan Pencatatan Keuangan Digital, dengan narasumber Dekan FEB Universitas Trisakti, Dr. Yolanda Masnita, Senior Vice President of Division Business Commercial & SME BCA, Tjoeng Haryanto, serta UMKM pengguna SIAPIK. Hadir dalam kegiatan ini sekitar 1.900 peserta secara luring dan daring yang berasal dari perwakilan dari Kementerian/Lembaga, akademisi, lembaga keuangan, asosiasi, dan UMKM dari seluruh Indonesia. 

 

 

Jakarta, 7 Juni 2023

Kepala Departemen Komunikasi

Erwin Haryono

Direktur Eksekutif

 

Informasi tentang Bank Indonesia

Tel.021-131, email : bicara@bi.go.id

 sp_2515123_2.jpeg


Lampiran
Kontak

Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​​​​

Halaman ini terakhir diperbarui 6/7/2023 7:45 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga