Berita Terkini (Siaran Pers)

BI Icon

Departemen Komunikasi

7/28/2023 12:00 AM
Hits: 2269

Karya Kreatif Indonesia 2023: Tiga Langkah Strategis Akselerasi UMKM Go Export

Siaran Pers
 

No. 25/202/DKom 

Peran strategis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia mengindikasikan masih terdapatnya ruang untuk meningkatkan kontribusi UMKM pada ekspor Indonesia. Sebagai upaya dalam meningkatkan kinerja ekspor UMKM diperlukan 3 (tiga) langkah strategis yaitu (i) konsistensi untuk memperkenalkan produk UMKM yang berkualitas premium dari seluruh Indonesia kepada pasar ekspor, (ii) inovasi dalam menghasilkan produk UMKM yang kreatif dan inovatif, serta (iii) sinergi dengan seluruh stakeholders untuk ditumbuh kembangkan secara konsisten. Demikian mengemuka dalam pembukaan Talk show Export yang mengangkat tema Strategi Akselerasi UMKM Go Export. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam perhelatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 yang diselenggarakan secara hibrid di Jakarta (28/7).

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman dalam sambutan pembukaannya menyampaikan Bank Indonesia terus berkomitmen untuk memperkuat bauran kebijakan dalam menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai instrumen kebijakan dan didukung dengan sinergi yang erat dengan Pemerintah dan otoritas lainnya, termasuk dalam mendorong pengembangan UMKM. Secara khusus untuk pengembangan UMKM, Bank Indonesia berkomitmen melaksanakan 3 (tiga) pilar kebijakan, yaitu penguatan korporatisasi untuk mendorong terciptanya ekosistem usaha terintegrasi, peningkatan kapasitas baik dari sisi SDM maupun pengembangan usaha termasuk dengan digitalisasi untuk mendorong peningkatan produktivitas, dan dukungan terhadap akses pembiayaan agar UMKM dapat naik kelas dan berdaya saing.

Sebagai pembuka dari kegiatan Talk show hari ini juga telah dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bisnis atau Memorandum of Understanding (MoU) antara buyer luar negeri dengan UMKM yang diharapkan dapat memotivasi UMKM untuk Go Global. Hal ini merupakan langkah konkrit Bank Indonesia memfasilitasi UMKM untuk kegiatan promosi perdagangan melalui Business Matching Ekspor KKI 2023. Lebih lanjut, melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjalin kerja sama bisnis lainnya antara potential buyer dan aggregator ekspor dengan UMKM binaan Bank Indonesia maupun Kementerian dan Lembaga peserta KKI 2023.

Talk show pada hari ini membahas mengenai potensi, peluang, dan karakteristik negara tujuan ekspor, success story strategi dan upaya konkrit UMKM untuk menembus ekspor dan meningkatkan daya saing secara global, serta kebijakan dan sinergi pengembangan UMKM ekspor. Hadir sebagai narasumber yaitu Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, Yunita Resmi Sari, Direktur Fasilitas Kepabeanan DJBC Kementerian Keuangan, Padmoyo Tri Wikanto, Executive Chairman One Belt and One Road International Group/Indonesian Promotion Hub Hainan, Wang Xiangbing, dan CEO Agung Bali Collection, Anak Agung Indra Dwipayani. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian/Lembaga, asosiasi, dan UMKM dari seluruh Indonesia baik secara luring maupun daring. 

Kegiatan talk show dalam rangka pekan Karya Kreatif Indonesia 2023 ini diharapkan dapat meningkatkan optimisme bagi UMKM untuk terus bekerja dan berkarya menghasilkan produk-produk dengan kualitas tinggi dan bernilai tambah. Bersama, mari menjadikan UMKM sebagai lokomotif baru pertumbuhan ekonomi Indonesia. ​

 

Jakarta, 28 Juli 2023

Departemen Komunikasi

Erwin Haryono

Direktur Eksekutif

sp_2520223_2.jpeg




Lampiran
Kontak
Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
​Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​​​​​​​​​​​​​​​​​
Halaman ini terakhir diperbarui 2/19/2024 2:41 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga