Perpustakaan

Start;Home;Layanan;bukan default.aspx

Pengantar Perpustakaan

Perpustakaan Bank Indonesia terdiri dari Perpustakaan Kantor Pusat Bank Indonesia (KPBI) yang berada di bawah pengelolaan BI Institute, serta Perpustakaan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia di seluruh Kantor Perwakilan. Perpustakaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia menjadi bagian integral dari ekosistem pembelajaran dan riset di era digital. Untuk mewujudkan misi tersebut, Perpustakaan Kantor Pusat maupun KPw telah melakukan berbagai langkah transformasi menuju penerapan Library 4.0.

Dengan penerapan Library 4.0, perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan pengetahuan tertulis (explicit knowledge repository) dan tempat menyerap ilmu, namun juga mendorong kolaborasi, knowledge sharing maupun interaksi antar pemustaka, sekaligus menjadi sarana rekreasi pengetahuan bagi pemustaka. Dengan perkembangan pegawai BI yang telah mulai didominasi oleh generasi milenial, Perpustakaan KPBI juga memberikan penekanan pada peningkatan layanan terhadap generasi tersebut, terutama di ranah digital.

Dalam mewujudkan service excellence, kualitas manajemen layanan Perpustakaan KPBI telah menggunakan standar internasional dengan perolehan sertifikasi ISO 9001:2015. Sebagian besar Perpustakaan KPw telah diberikan akreditasi A dan B oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Overview-PERPUSTAKAAN-BANK-INDONESIA.jpg


Perpustakaan Umum dan Perpustakaan Riset berlokasi di Kantor Pusat Bank Indonesia, Menara Sjafruddin Prawiranegara Lt. 2, Jl. MH Thamrin 2, Jakarta Pusat. Area perpustakaan merupakan salah satu area publik Bank Indonesia yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Dengan luas masing-masing 500m2 untuk Perpustakaan Umum dan 700m2 untuk Perpustakaan Riset, pengunjung dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dengan konsep desain interior co-working space yang sesuai dengan kebutuhan generasi milenial. Tersedia 360 Virtual Tour ke Perpustakaan Kantor Pusat BI dengan link berikut. Tur virtual ini juga dilengkapi dengan konten yang edukatif dan dapat dinikmati publik, antara lain e-learning, buku-buku digital publikasi Bank Indonesia, serta pencarian buku yang tersedia di rak-rak Perpustakaan.


Koleksi Buku

Perpustakaan Bank Indonesia menyediakan koleksi pengetahuan khususnya di bidang moneter, makroprudensial, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran, pengelolaan Rupiah, ekonomi digital, hukum, manajemen, dan bidang lain guna meningkatkan kualitas diri sekaligus mendukung pekerjaan, penelitian, dan pendidikan. Selain subjek koleksi tersebut, Perpustakaan BI juga menunjang kebutuhan bacaan lainnya dengan beragam subjek koleksi pelengkap antara lain koleksi bahasa, TOEFL, IELTS, komputer, psikologi, agama, hobi, entrepreneur, fiksi, non-fiksi, dan sebagainya.


Perpustakaan Digital iBI Library

Sebagai salah satu bentuk outreach, Perpustakaan BI juga menyediakan akses untuk pegawai serta masyarakat umum ke berbagai koleksi digital. Fasilitas digital ini dapat diakses 24 jam, sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas pegawai di manapun berada. Aplikasi perpustakaan digital iBI Library dapat diunduh melalui perangkat android di Google Playstore, serta http://ibilib.moco.co.id (versi desktop).

Sejak diluncurkan tahun 2017 hingga 2020, lebih dari 6.300 orang telah terdaftar sebagai pengguna layanan digital perpustakaan ini. Peminjaman buku digital juga terus meningkat dari tahun ke tahun.  

E-Resources

Guna lebih mendekatkan layanan serta mendukung kebutuhan referensi terkait bidang tugas baik dalam riset, pembelajaran serta pengambilan keputusan, Perpustakaan Bank Indonesia menyediakan layanan e-resources yang dapat diakses 24 jam oleh pegawai BI. Sumber referensi ini antara lain berupa jurnal online, database online, serta majalah dan berita online. Referensi berita online yang disediakan Perpustakaan juga digunakan sebagai salah satu sumber data harian untuk Big Data Bank Indonesia. Layanan ini tersedia untuk masyarakat umum yang berkepentingan, dengan cara berkunjung langsung ke Perpustakaan Bank Indonesia baik di Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Adapun daftar koleksi online yang dapat diakses di Perpustakaan Bank Indonesia antara lain:

  • Jurnal Online. Bulletin of Monetary Economics and Banking, Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, ScienceDirect, JSTOR, ProQuest, Emerald, Journal of Payment Strategy & Systems, Journal of Risk Management in Financial Institutions, Bulletin of Indonesian Economic Studies
  • Database Online. Scopus, IMF eLibrary, Business Monitor Online, EPFR Global, Orbis Bank Focus, Hukum Online, Gartner, Forrester, ISACA.
  • Majalah & Berita Online. Central Banking Publications, The Economist, Bloomberg News, Financial Times, Islamic Finance News, Harvard Business Review, Asia Wall Street Journal, DotSolution Media Monitoring.

Koordinasi dengan Perpustakaan Kantor Perwakilan (KPw)

Sebagai kesatuan ekosistem, kegiatan operasional Perpustakaan Kantor Pusat selalu berkoordinasi intensif dengan seluruh Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Beberapa kegiatan yang terlaksana secara koordinasi antara lain terkait perolehan akreditasi Perpustakaan Nasional RI, pengayaan koleksi, peningkatan kompetensi pustakawan, serta berbagai penyelenggaraan kegiatan literasi. Proses koordinasi dilakukan secara online melalui dasbor Library Management System (LiMaS Nusantara). Sistem digital terintegrasi ini memungkinkan pustakawan BI di seluruh daerah berbagi pengetahuan terkait berbagai kegiatan literasi, hingga berdiskusi tanpa batasan ruang dan waktu.



Buku

E-Jurnal

iBI Library

Akses dan Layanan Perpustakaan

iBI LIBRARY

25. AKSES PERPUSTAKAAN BI.jpg
Perpustakaan digital berbasis sosial media dapat diakses melalui playstore (smartphone) dan http://ibilib.moco.co.id/ (desktop) 


25. LAYANAN PERPUSTAKAAN BI.jpg

Senin – Jumat, pukul 07.15 – 17.00Jadwal Layanan.png
021 -2981  8216/8245/5240Nomor Telepon.png

Koleksi Online Perpustakaan

Pengunjung Perpustakaan yang Budiman,

Guna meningkatkan layanan prima serta mendukung kebutuhan informasi terkait bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, Sistem Pembayaran, Manajemen, Hukum, dan bidang lainnya, dengan ini Perpustakaan Bank Indonesia menyediakan layanan e-resources berupa penyediaan jurnal online, buku onlinedatabase online, dan berita online yang dapat diakses secara gratis dengan berkunjung langsung ke Perpustakaan Bank Indonesia yang terletak di kantor pusat (Jakarta) maupun di 44 Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Adapun daftar koleksi online yang dimiliki oleh Perpustakaan Bank Indonesia sebagai berikut:

  • Jurnal Online. SCOPUS, ScienceDirect, JSTOR, Proquest, Emerald, Payment Strategy & Systems, Personnel Psychology, Islamic Monetary Economics & Finance, Bulletin of Indonesian Economic Studies, Bulletin of Economic Monetary & Banking, IMF, BMI Research, EPFR Global, Orbis Bank, Hukum Online, Gartner, Forrester, ISACA, The Economist, Financial Times, Islamic Finance News, Harvard Business Review, Asia Wall Street Journal, DotSolution Media Monitoring.
  • Database Online. IMF, BMI Research, EPFR Global, Orbis Bank, Hukum Online, Gartner, Forrester, ISACA.
  • Majalah & Berita Online. The Economist, Financial Times, Islamic Finance News, Harvard Business Review, Asia Wall Street Journal, DotSolution Media Monitoring.

Alamat Perpustakaan

Bank Indonesia Institute
Menara Syafruddin Prawiranegara, Lt.2
Jl. M.H. Thamrin No.2, Jakarta Pusat

Buka: Senin – Jumat, pukul 07.15 – 17.00​​

Telepon: 021 -29818216/29818245

E-mail: pusriset@bi.go.id​

Instagram: @perpusbi


Baca Juga