Fakta bahwa perubahan dunia saat ini sampai pada era industri 4.0 yang berbasis IT, internet dan digital telah menjadi tantangan bagi bank sentral untuk mengikuti kecepatan perubahan tersebut termasuk Bank Indonesia. Untuk itu Bank Indonesia harus memahami apa yang terjadi dilingkungannya, terlebih lagi adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan merubah hampir semua aspek kehidupan menjadi new normal termasuk aspek kelembagaan yang terkait riset dan pengembangan kepemimpinan.
Untuk menjawab tantangan di atas, pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dalam kepemimpinan ekonomi nasional menjadi jawaban yang tepat. Pengelolaan SDM harus mampu membentuk manusia yang profesional, kompetitif, berwawasan ekonomi, dan memiliki karakter kepemimpinan yang kuat, berkualitas, capable, melek teknologi dan mind set yang agile terhadap transformasi ke arah yang lebih baik serta memiliki akhlak mulia agar mampu menghadapi tantangan ke depan.
Sejalan dengan Visi Indonesia Maju 2045, Bank Indonesia mereformulasi Visi Bank Indonesia 2020-2025 untuk “Menjadi Bank Sentral Digital Terdepan yang Berkontribusi Nyata terhadap Perekonomian Nasional dan Terbaik di antara Negara Emerging Markets untuk Indonesia Maju”. Untuk mencapai visi tersebut, dilakukan penguatan misi BI salah satunya “mewujudkan bank sentral berbasis digital dalam kebijakan dan kelembagaan melalui penguatan organisasi, sumber daya manusia, tata kelola dan sistem informasi yang handal, serta peran internasional yang proaktif”. Guna mencapai visi Bank Indonesia tersebut, dilakukan dengan transformasi kebijakan, transformasi digital, transformasi organisasi, dan transformasi SDM.
Secara garis besar, Transformasi Digital akan berfokus untuk membawa BI menjadi yang terdepan dalam digitalisasi bank sentral, melalui optimalisasi Big Data, Artificial Intelligence (AI), machine learning, dan internet of things didukung platform teknologi BI Omni Experience yang andal dan aman. Transformasi Kebijakan akan dilaksanakan dengan memperkuat bauran kebijakan BI, baik dalam kerangka pemikiran, rumusan kebijakan, riset, serta lebih utama dalam digitalisasi kebijakan. Sementara Transformasi Organisasi/Kelembagaan terus diperkuat untuk menjadi yang terdepan dalam organisasi yang dinamis, digitalisasi proses kerja dan tata kelola yang prima. Terakhir, Transformasi SDM dan Budaya Kerja diarahkan untuk memperkuat SDM BI yang inovatif, profesional, kompeten, dan berakhlak mulia.
Dewan Kehormatan BI Institute 2022
Rapat Dewan Kehormatan Oktober 2023
Roadmap Bank Indonesia Institute