Layanan Kas Bank Indonesia

Start;Home;Layanan;bukan default.aspx

​​LAYANAN KAS BANK INDONESIA


 ​​
Bank Indonesia mengoptimalkan kegiatan layanan kas kepada perbankan maupun masyarakat. Layanan kas ini dilakukan di wilayah kerja Kantor Pusat dan 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia yang berada di 34 provinsi. Dilakukan setiap hari kerja, mulai pukul 08.30 sampai pukul 12.00 (khusus Jumat sampai pukul 11.30) waktu setempat.

 
Selain berlokasi di dalam kantor yang difokuskan untuk melayani setoran-tarikan perbankan serta penukaran uang rusak/dicabut dan ditarik dari peredaran, layanan kas juga dilakukan di luar kantor seperti di pusat-pusat keramaian yaitu pasar, pameran, kampus, dan kompleks kantor pemerintah serta di wilayah terpencil, terdepan, dan terluar bekerja sama dengan Pemerintah dan TNI Angkatan Laut. Layanan luar kantor ini berfungsi untuk menukar uang tidak layak edar (lusuh, cacat, dan rusak) yang ada di masyarakat dengan uang layak edar dalam denominasi yang sama atau yang lain serta penukaran uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran yang masih berlaku masa penukarannya (tautan daftar uang yang dicabut dan periode penukarannya).

 
Bank Indonesia memberikan penggantian sama dengan nilai nominal uang lusuh yang ditukarkan oleh masyarakat sepanjang uang tersebut dapat dikenali keasliannya. Untuk uang rusak, Bank Indonesia memberikan penggantian sama dengan nilai nominal uang rusak yang ditukarkan oleh masyarakat dengan syarat uang tersebut dapat dikenali ciri-ciri keasliannya dan memenuhi kriteria penggantian uang rusak. Apabila ciri-ciri keasliannya sulit dikenali, penukar wajib mengisi formulir permintaan penelitian keaslian uang rusak dimaksud. Uang rusak yang ciri-ciri keasliannya sulit dikenali dapat dikirimkan ke Bank Indonesia dalam kemasan yang layak. Hasil penelitian dan besarnya penggantian akan diberitahukan kemudian. 

 
Informasi selengkapnya mengenai hal ini dapat dibaca di Buku Panduan Penukaran Uang Tidak Layak Edar. Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan uang di masyarakat menjelang hari raya keagamaan, Bank Indonesia meningkatkan intensitas layanan kas. Untuk mengetahui jadwal dan lokasi layanan kas luar kantor, dapat menghubungi contact center BICARA 131 atau selalu memantau berita terkini di akun Twitter resmi @bank_indonesia. 

 
Selain itu, dalam rangka menandai diterbitkannya uang Rupiah emisi baru sebagai mata uang Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta untuk mengembangkan kegiatan numismatika, Bank Indonesia menerbitkan Uang Rupiah Khusus (URK) bersambung (uncut notes) berisi 2 dan 4 lembar uang kertas. URK ini tersedia untuk denominasi Rp100.000 hingga Rp1.000 yang dicetak dalam jumlah terbatas. Keterangan lebih lanjut terkait nilai jual dan mekanisme perolehannya dapat dilihat di sini.




Baca Juga