PPID Bank Indonesia – Dalam rangka memperkuat implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Bank Indonesia menyelenggarakan Roadshow KIP dalam dua batch. Kegiatan ini dihadiri oleh Petugas Layanan Informasi BI dari wilayah Sumatera dan Jawa (Batch 1) serta Kalimantan, Sulampua, Balinusra, dan Kantor Pusat (Batch 2). Roadshow ini merupakan wujud nyata komitmen Bank Indonesia sebagai badan publik dalam melaksanakan amanat UU No. 14/2008 dan memperkuat sinergi kelembagaan menuju tata kelola informasi publik yang transparan, akuntabel, dan inklusif.
Batch 1 dilaksanakan pada 25 September 2025 di Surabaya, dibuka oleh Bapak Junanto Herdiawan selaku PPID Bank Indonesia (Kepala Grup Strategi dan Pengelolaan Komunikasi BI). Bapak Arya Sandhiyudha (Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat) memberikan paparan mengenai pentingnya keterbukaan informasi untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045. Materi berikutnya disampaikan oleh Ibu Rospita Vici Paulyn (Komisioner KIP Bidang Penelitian dan Dokumentasi) terkait optimalisasi pelayanan informasi publik dan mitigasi sengketa. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Komisi Informasi Daerah se-Sumatera dan Jawa.
Batch 2 digelar pada 20 Oktober 2025 di Bali, dibuka oleh Bapak Ramdan Denny Prakoso selaku Atasan PPID (Kepala Departemen Komunikasi BI), dan dilanjutkan oleh Bapak Donny Yoesgiantoro (Ketua Komisi Informasi Pusat), yang menekankan pentingnya budaya transparansi di lembaga publik. Narasumber lainnya dari Komisioner KI Pusat, antara lain Ibu Samrotunnajah Ismail, Bapak Gede Narayana, Bapak Handoko Agung S, dan Bapak Syawaludin, menyampaikan penguatan tata kelola KIP, regulasi akses informasi, strategi pemutakhiran DIP, digitalisasi layanan, serta mekanisme penyelesaian sengketa informasi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Komisi Informasi Daerah se-Kalimantan, Sulampua, dan Balinusra.
Roadshow ini merupakan tindak lanjut arahan Gubernur Bank Indonesia, Bapak Perry Warjiyo, untuk memperkuat kredibilitas dan tata kelola Bank Indonesia sebagai bank sentral yang profesional dan transparan. Ke depan, PPID Bank Indonesia berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik yang cepat, akurat, dan mudah diakses, serta memastikan implementasi keterbukaan informasi publik yang berintegritas dan berkelanjutan di era transformasi digital.
