Group Icon  
 

Adukan Kendala

Transaksi kamu bermasalah?

1
Icon 1

Konsumen melapor ke pihak penyelenggara melalui contact center masing-masing penyelenggara.

 
2
Icon 2

Penyelenggara menerima dan menanggapi laporan konsumen.

 
arrow line ornament
3
Icon 3

Konsumen belum puas, menyampaikan pengaduan ke Bank Indonesia.

 
arrow line ornament
4
Icon 4

Bank Indonesia memberikan edukasi, literasi dan juga memfasilitasi konsumen untuk menyelesaikan kendala.

arrow line ornament
 
5
Icon 5

Jika kendala belum selesai, Konsumen dapat mengajukan sengketa melalui LAPS-SK.

arrow line ornament
​​​​​​​​​​​
​​

Sudah Lapor Penyelenggara, Tapi Belum Menyelesaikan Kendala?

Silahkan sampaikan pengaduan ke Bank Indonesia!

 
Distance Icon  
Visitor Center BI Bicara
Jalan M.H. Thamrin No. 2, Jakarta 10350 Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Marker Icon
Home Work Icon  
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) di Seluruh Indonesia
Call Icon
Webportal BI

https://bicara131.bi.go.id/

Website aplikasi portal dengan salah satu fungsi menerima pengaduan konsumen.

Call Icon  
Kontak BI

Email : bicara@bi.go.id

Contact Center Bank Indonesia Bicara
Telp. : 131 dan 1500131 (dari luar negeri)

Chatbot LISA : 081 131 131 131

Daftar Penyelenggara Berizin

Cek daftar penyelenggara yang diatur dan diawasi oleh Bank Indonesia!

Group Icon  

Penyelenggara Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah

Lihat SelengkapnyaArrow Down
Group Icon Group Icon 2  

Penyelenggara Pasar Keuangan

Lihat SelengkapnyaArrow Down
​​​

Baca Juga