BI Icon

BI Institute​

10/1/2021 12:00 AM
Hits: 538

BINCANG BARENG CORPU “PERAN CORPORATE UNIVERSITY DALAM PROGRAM KAMPUS MERDEKA DAN STRATEGI IMPLEMENTASINYA: SHARING INSIGHTS & EXPERIENCES”

Flagship Program

CORPU_1_Sept_2021.jpg

JAKARTA – BI Institute menyelenggarakan forum Bincang Bareng Corpu (BBC) dengan tema Peran Corporate University dalam Program Kampus Merdeka dan Strategi Implementasinya: Sharing Insights & Experiences, pada Kamis, 23 September 2021. Forum ini menghadirkan Direktur BI Institute, Arlyana Abubakar, Koordinator Kelompok Inovasi dan Kemitraan Pembelajaran (KIKP) BI Institute, Janu Dewandaru. Selain itu juga hadir Kepala Subpokja Microcredential Kemdikbudristek, Nurhadi, Deputi SGM Telkom CorpU, Arif Rudiana, VP IT Customer Banking Platform BNI, Taufikurrahman, dan Talent Acquisition and Employer Branding Shopee Indonesia, Desvy Anggraini. Acara bincang-bincang ini dimoderatori oleh Analis Senior BI Institute, Felicia Barus serta dihadiri oleh 150 peserta dari kalangan CorpU dan mentor KMBI.

Dalam opening remarks-nya, Arlyana Abubakar menyampaikan bahwa kegitan yang rutin dilaksanakan ini akan menjadi media sharing dan mendorong kolaborasi antara dunia usaha dan dunia industri, yang diharapkan nanti peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) nantinya bisa menjadi tenaga kerja yang siap. Selain itu MBKM diharapkan bisa menyiapkan mitigasi masa depan untuk pembangunan ekonomi yang tidak hanya sustainable tetapi menjadi lead generate economy. Bank Indonesia tidak bisa hanya mebangun SDM sendiri, tetapi juga harus membangun ekosistem agar kebijakan-kebijakan yang diambil dan implementasi yang efisien dapat dipahami stakeholders.

Selanjutnya masing-masing pembicara diberikan kesempatan untuk memaparkan materi sesuai dengan unique value proposition program MBKM dari masing-masing asal institusi narasumber. Pada sesi panel, Koordinator Kelompok Inovasi dan Kemitraan Pembelajaran (KIKP) BI Institute, Janu Dewandaru menyampaikan materi mengenai “Strategi pengelolaan program MBKM berbasis Holistic Approach”. BI Institute menjelaskan pada peserta Kampus Merdeka Bank Indonesia (KMBI) bahwa kesempatan untuk mengikuti program KMBI bukanlah untuk pemenuhan nilai akademis semata akan tetapi kesempatan untuk bertumbuh karena peserta akan dilibatkan langsung dalam proyek atau penelitian yang ada di Bank Indonesia.

Pada sesi berikutnya, Arif Rudiana dari Telkom CorpU menyampaikan materi dengan judul “Digital Competency, Preparing National Digital Talent”. Dalam pemaparannya disebutkan bahwa kebutuhan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang sadar digital dan melek inovasi guna menciptakan inovation leadership sehingga Indonesia tidak hanya menjadi pasar dari inovasi produk negara lain. Oleh sebab itu dua elemen utama yang harus diperhatikan adalah talent dan training & education.

Dilanjutkan oleh Taufikurrahman dari BNI, memaparkan materi mengenai “Strategi Kolaborasi dan Kemitraan antar Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam Mengoptimalkan Program Magang Bersertifikat di BNI”. Menyesuaiakan dengan situasi pandemik covid-19, BNI mengembangkan sistem magang yang bisa dilakukan secara remote dan cloud base, dimana pendidikan dilaksanakan secara tematik agar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Peserta magang bisa diarahkan untuk menjadi talent goal yang yang siap dengan digitalisasi dunia kerja.

Berikutnya Desvy Anggraini dari Shopee Indonesia menyampaikan strategi pengelolaan talent melalui Shopee Apprentice Program (SAP). Pada program ini peserta magang disiapkan untuk memahami industri e-commerce yang sangat dinamis dan teknologi yang sangat mendapat perhatian dunia saat ini. Peserta magang-pun memiliki kesempatan untuk bergabung di program Global Leaders Program yang merupakan fast track bagi peserta unutk menjadi bagian dari shopee secara global.

Pada sesi terakhir, Nurhadi selaku Kepala Subpokja Microcredential Kemdikbudristek memaparkan progress dan update program MSIB. Melalui diskusi dan sharing antar pelaku usaha/industri/DUDI ini diharapkan dapat memperkuat pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam mewujudkan SDM Indonesia yang kompetitif dan unggul.

 

 CORPU_2_Sept_2021.jpg

Lampiran
Kontak

​Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 10/1/2021 10:43 AM
Was this page useful?
Thank You! Would you like to give more detail?

Other Articles