BI Icon

BI Institute​

7/28/2023 12:00 AM
Hits: 1022

Insight Report 2023 Penerapan Quality Tourism dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Nasional

Buku

Cover-Buku-Insight-Report-Tourism-2023.jpgPariwisata merupakan salah satu pilar masa depan Indonesia yang harus kita raih bersama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang kuat, berkelanjutan, dan inklusif. Buku insight report ini merupakan catatan penting yang menggambarkan kemajuan penerapan pariwisata berkualitas di Indonesia khususnya di lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP). 

Buku ini menguraikan sejumlah pemikiran serta aksi nyata dalam mengakselerasi penerapan pariwisata berkualitas di DPSP, termasuk prioritas kebijakan yang perlu ditempuh ke depan. Sebagai langkah progresif setidaknya terdapat lima prioritas kebijakan untuk meningkatkan daya saing pariwisata nasional. Pertama, mencakup infrastruktur penunjang aksesibililtas dan amenitas, termasuk infrastruktur digital. Kedua, penguatan branding dari setiap DPSP disertai peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Ketiga, penguatan aspek keberlanjutan untuk memastikan terjaganya kelestarian alam dan budaya, dengan juga mengedepankan fasilitas dan layanan ramah lingkungan. Keempat, fasilitasi investasi untuk berkembangnya layanan pariwisata bertaraf internasional. Terakhir, fasilitasi penyelenggaraan MICE-event besar di DPSP untuk menggeliatkan aktivitas pariwisata sekaligus promosi kepada dunia. Kelima prioritas kebijakan tersebut perlu menjadi agenda kerja bersama pusat-daerah untuk mempercepat pengembangan pariwisata berkualitas.

Penulis

​: Handri Adiwilaga, Umran Usman, Ramadhani Pratama Guna, Putri Faradina Iskandar, Dwi Febby Multiretno, Ireina Puspa Rastania, Adek Septia Elfira (Bank Indonesia); Istasius Angger Anindito, Muhammad Abdurachman Rafi, M. Fikri Masteriarsa, Vania Dara Salsabila (Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas); Ambar Puji Cahyaningsih, Amelia Puspa Dewi (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi); Mulyanto YS, Ainnoun Kornita, Masfuhurrizqi Iman, Wida Rosyidah Diyana, M. Ilham Ramadhan (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf)

​​​ISBN​: ​-
Halaman​
164
​Ukuran
15,5 x 23 cm​
​Penerbit 
BI Institute​​


Buku dapat dibaca secara lengkap di Perpustakaan Kantor Pusat Bank Indonesia.  

 


Lampiran
Kontak
Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​​​​
Halaman ini terakhir diperbarui 8/14/2023 11:24 AM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga