BI Icon

​​BI Institute​

1/5/2024 1:00 PM
Hits: 303

ASEAN: Pusat Pertumbuhan Inklusif dan Berkelanjutan

Buku

ASEAN-Pusat-Pertumbuhan-Inklusif-dan-Berkelanjutan.png“ASEAN Matters: Epicentrum of Growth" ditetapkan sebagai tema Keketuaan ASEAN 2023. Indonesia memegang peran sentral dalam Keketuaan ASEAN di tengah kompleksitas tantangan internasional, baik dari sisi geopolitik maupun ekonomi. Tantangan dan permasalahan yang dihadapi perekonomian global memerlukan  sinergi bersama untuk mewujudkan pemulihan ekonomi dunia.

Penyamaan persepsi negara-negara ASEAN untuk mewujudkan tema Keketuaan ASEAN 2023 telah memunculkan banyak pemikiran yang berharga. Buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam memahami  lingkungan strategis yang mendasari perumusan tema dan priority economic deliverables dalam Keketuaan ASEAN. Materi tersebut antara lain mencakup tentang pengenalan ASEAN dan Keketuaan Indonesia, implementasi bauran kebijakan dalam mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN, kerja sama ekonomi meliputi transaksi mata uang lokal serta konektivitas pembayaran lintas negara di ASEAN, pengembangan ekonomi digital dan inisiatif inklusi dan literasi keuangan, hingga pengembangan keuangan berkelanjutan.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat membuka ruang diskusi dan menjadi media pembelajaran berharga dalam memahami berbagai dinamika isu-isu utama dan rekomendasi aksi yang dilakukan dalam menjawab tantangan ASEAN ke depan.

 


Penulis​​

Dicky Kartikoyono, Solik​in M. Juhro, Endang Trianti, Yunita Resmi Sari, Donny 
  Hutabarat, Rudy B. Hutabarat, Yoga Affandi, Rahmatullah Sjamsudin, dkk
ISBN :  978-623-5662-60-2 (PDF)
Halaman : 376
Ukuran: 15 x 23 cm
Penerbit BI Institute

 

Buku dapat dibaca secara lengkap di Perpustakaan Kantor Pusat Bank Indonesia. 

Lampiran

​​

Kontak

Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​​​

Halaman ini terakhir diperbarui 2/28/2024 8:22 AM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga