BI Icon

- ​Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI Sibolga)

- Departemen Pengembangan UMKM (DPUM)

7/10/2017 8:00 AM
Hits: 5874

Pola Pembiayaan Usaha Kecil Menengah: Usaha Pengeringan Ikan

Perikanan

RINGKASAN EKSEKUTIF
Pola Pembiayaan Usaha Pengeringan Ikan
Sibolga - Tapanuli Tengah
 
Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah terletak di kawasan Pantai Barat Provinsi Sumatera Utara sehingga mendukung ketersediaan sumber daya laut yang melimpah. Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah, terutama untuk komoditas ikan-ikanan yang bernilai ekonomis rendah jika dijual dalam bentuk ikan segar, yaitu melalui usaha pengolahan ikan kering.
Usaha pengeringan ikan telah dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat pesisir Pantai Barat Provinsi Sumatera Utara, khususnya Sibolga dan Tapanuli Tengah. Proses pengolahannya pun masih dilakukan secara tradisional. Bahan baku berbagai jenis ikan segar dibeli secara curah kemudian dibersihkan sebelum melalui proses perebusan dan penjemuran. Ikan yang sudah dibersihkan kemudian direbus dalam rebusan air garam yang berfungsi sebagai pengawet alami lalu dijemur selama 6-8 jam mengandalkan terik sinar matahari. Kualitas ikan kering/asin yang tergolong baik dan didukung pengemasan yang rapi menjadikannya sebagai makanan dan oleh-oleh khas Sibolga – Tapanuli Tengah.
Hasil analisis keuangan dan kelayakan usaha berdasarkan asumsi-asumsi yang digunakan pada saat penelitian menunjukkan bahwa usaha pengeringan ikan di Sibolga – Tapanuli Tengah layak untuk dilaksanakan dengan nilai NPV Rp37.790.301; IRR 20,08%; Net B/C Ratio 2,50; dan Pay Back Period selama 3 bulan 28 hari. Uji sensitivitas juga menunjukkan bahwa usaha ini masih dianggap layak apabila terjadi penurunan penjualan sebesar 5% dan kenaikan biaya variable sebesar 6%.
Semakin terbukanya akses pembiayaan diharapkan dapat mendorong peningkatan skala dan kualitas produksi usaha pengeringan ikan. Selain memberikan dampak positif terhadap pendapatan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja, pengembangan industri pengolahan ikan kering diharapkan juga berkontribusi terhadap pengembangan kawasan Minapolitan di Kabupaten Tapanuli Tengah sebagaimana telah ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Lampiran
Kontak

​- KPw BI Sibolga: Telp. (0631) 22871 / 22381, ext. 8447/8531

- DPUM: (021) 29815152, 29816074

Halaman ini terakhir diperbarui 10/20/2020 8:15 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga