Pilar 2: Research

Pilar riset yang dilakukan BI Institute merupakan riset-riset strategis frontier mengenai isu-isu terkini dan berbagai isu strategis dibidang makroekonomi-moneter, stabilitas sistem keuangan, pasar keuangan, sistem pembayaran, serta leadership yang mendukung kurikulum dan program pembelajaran.  Riset-riset BI Institute dilakukan untuk mendukung perumusan kebijakan Bank Indonesia dan nasional. Memasuki era digital saat ini, riset-riset juga dilakukan untuk menavigasi ekonomi digital.

Program riset dilakukan selain oleh peneliti-peneliti andal BI, juga dilakukan  bekerjasama dengan peneliti andal internasional dan nasional (research scholar) dan dengan lembaga riset terkemuka internasional dan nasional (research collaboration), serta melalui research grantyang memberikan kesempatan kepada lembaga riset untuk melakukan penelitian dengan skema sayembara dan dilakukan sesuai dengan best practice.

bagan-riset.png

Prinsip Dasar Riset
30. PRINSIP DASAR RISET [INA].jpg
 
Struktur Program Riset
31. Struktur Riset Program.jpg

Tautan Riset:
bmeb.JPG 
jimf.JPG


Taksonomi Riset

taksonomi-riset.png 


Framework Riset 2020

framework-riset-2018.png


Katalog Tema Riset 2020

katalog-riset-2020.png


Publikasi Riset
Output riset yang dihasilkan dalam bentuk Working Paper selain untuk internal, ditargetkan untuk international outreach yakni dipublikasi pada jurnal terindeks Scopus dan atau World of Science (WoS).








Kembali

Baca Juga