Penelitian - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
20 Oktober 2019

PENELITIAN SEKTOR RIIL DAN UMKM

Salah satu upaya Bank Indonesia untuk memperkuat elijibilitas UMKM adalah melalui kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian ini dimaksudkan sebagai dasar dalam penetapan kebijakan pengembangan UMKM ke depan dan juga sebagai upaya akselerasi kredit UMKM melalui research based policy. Disamping itu penelitian ini menjadi sumber informasi untuk didesiminasikan kepada masyarakat luas.

Ruang lingkup penelitian dapat dikaitkan dengan rencana pengembangan UMKM dari stakeholder terkait, atau untuk menggali potensi atau komoditas unggulan di masing-masing daerah, serta dapat pula dikaitkan dengan isu atau inisiatif yang sedang berkembang di masyarakat.  Hasil penelitian juga sering dimanfaatkan sebagai masukan untuk pengambilan kebijakan dan pengembangan di instansi terkait.  Beberapa kegiatan penelitian dilakukan dengan ruang lingkup nasional dan beberapa kegiatan lainnya dilakukan pada ruang lingkup regional / daerah.  Penelitian dapat dilakukan bekerjasama dengan universitas atau instansi Pemerintah atau lembaga internasional, serta didasarkan atas hasil survey ke lapangan atau hasil pengolahan data sekunder.

Penelitian Nasional

Penelitian dengan cakupan secara nasional mencakup Kajian dan Publikasi Sektor Riil, Laporan Perkembangan Harga, Perkembangan Produk Domestik Bruto, dan Indikator Aktivitas Ekonomi.

Penelitian Regional

Penelitian dengan cakupan secara regional atau provinsi merupakan penelitian yang dilakukan oleh Kantor Bank Indonesia misalnya penelitian klaster UMKM, penelitian komoditi unggulan, penelitian lain dengan cakupan lokal namun berdampak pada pengembangan ekonomi yang lebih luas..

Show Left Panel