Kredit UMKM - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
16 Juli 2019

Penyaluran Kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Laporan Triwulanan Penyaluran Kredit UMKM

Laporan kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan bentuk diseminasi informasi penyaluran kredit UMKM oleh Perbankan yang disajikan secara triwulanan. Dalam laporan ini terdapat uraian linear mengenai perkembangan kredit UMKM yang bersumber dari statistik kredit UMKM. Uraian linear dimaksud meliputi berbagai item yakni Net Ekspansi (NE), Baki Debet (BD), Non Performance Loan (NPL), dan Kelonggaran Tarik, dilengkapi dengan variasi berdasarkan kelompok bank, Sektor Ekonomi, Jenis Penggunaan dan Lokasi Proyek.

Statistik Bulanan Penyaluran Kredit UMKM

Statistik kredit UMKM disajikan dengan berbagai item yakni Net Ekspansi (NE), Baki Debet (BD), Non Performance Loan (NPL), dan Kelonggaran Tarik, dilengkapi dengan variasi berdasarkan kelompok bank, Sektor Ekonomi, Jenis Penggunaan dan Lokasi Proyek pada setiap Propinsi dan rincian skala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Skim Kredit Program Pemerintah

Keberhasilan UMKM di Indonesia tidak terlepas dari dukungan dan peran pemerintah dalam mendorong penyaluran kredit kepada UMKM. Berbagai skim Kredit/pembiayaan UMKM diluncurkan oleh pemerintah dikaitkan dengan tugas dan program pembangunan ekonomi pada sektor-sektor usaha tertentu, misalnya ketahanan pangan, perternakan dan perkebunan.

Show Left Panel