Transformasi Pelayanan Publik dengan Memanfaatkan Peluang Digital - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
29 Januari 2020

Transformasi-Pelayanan-Publik-dengan-Memanfaatkan-Peluang-Digital1.jpg
Bank Indonesia sebagai inisiator forum Community of Practices (CoP) secara rutin menyelenggarakan forum ini dengan Kementerian/Lembaga dan BUMN yang sudah dan sedang bertransformasi. Kegiatan ini bertujuan sebagai media sharing terhadap proses transformasi sekaligus untuk menyelaraskan kebijakan lembaga dengan perkembangan trend dunia dan nasional.

Pada kesempatan ke-5 kegiatan CoP tersebut, PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai tuan rumah menyelenggarakan kegiatan di Stasiun Bandara Soekarno Hatta untuk memberikan nuansa baru (ambience) bagi peserta. Para peserta berkumpul terlebih dahulu di Stasiun Sudirman Baru BNI City untuk menuju bandara. Mereka juga berkeliling di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta untuk mendapatkan penjelasan langsung dari Angkasa Pura II.

Forum yang dilaksanakan pada bulan Maret 2018 tersebut, dihadiri oleh beberapa Kementerian/Lembaga dan BUMN yaitu Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, PT. Angkasa Pura I (Persero), PT. Angkasa Pura II (Persero), PT. ASDP Ferry Indonesia (Persero), PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT. Bank Negara Indonesia Tbk., PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk., PT. Jasa Marga (Persero), PT. Jasa Raharja (Persero), PT. Kereta Api Indonesia (Persero), PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT. Pertamina (Persero), PT. PerusahaanPengelola Aset (Persero), PT. Pos Indonesia (Persero), PT TASPEN (Persero), PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. , PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk., Perusahaan Umum Damri, PerusahaanUmum Jamkrindo, Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia),dan PT. Railink.

Transformasi-Pelayanan-Publik-dengan-Memanfaatkan-Peluang-Digital2.jpg Dalam forum tersebut, beberapa lembaga memaparkan transformasi mengenai pelayanan publik yang terjadi di lembaganya. PT. Angkasa Pura II (Persero) melakukan transformasi dengan penekanan pada peningkatan pelayanan secara digital. Dengan konsep silent airport, pelayanan di bandara (pre journey, on journey, dan post journey) terintegrasi dalam satu aplikasi yaitu Airports Mobile Apps. Mereka juga melakukan transformasi IT di bidang Enterprise Resource Planning (ERP) untuk keuangan, SDM, dan komersial dengan implementasi big bang. Lain halnya dengan PT. Jasa Raharja (Persero), mereka melakukan transformasi dari sisi kecepatan pencairan dana santunan. Pencairan dana yang awalnya membutuhkan waktu 7 hari, sekarang cukup dengan 4 hari setelah tanggal kecelakaan. Bahkan rekor pencapaian yang pernah dicapai yaitu hanya memerlukan 1,28 hari setelah tanggal kecelakaan. PT. Jasa Raharja menyediakan aplikasi mobile untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses data serta bekerjasama dengan kepolisian dalam mengintegrasikan data kecelakaan.

PT. Pos Indonesia (Persero) bertransformasi dengan membentuk Pusat Perencanaan Transformasi Perusahaan. Setelah melakukan benchmark terhadap perusahaan sejenis di Negara lain, mereka memperluas layanan, tidak hanya pada jasa kurir tetapi juga pada layanan keuangan. Ke depannya, mereka akan membuat aplikasi mobile agar tracking dapat dilakukan secara real time serta akan menyediakan layanan penjemputan barang. Selanjutnya presentasi dari Perum Jamkrindo, mereka melakukan transformasi dengan membentuk values yaitu transparan, partisipasi stakeholder, efektif dan merata serta adil. Salah satu implementasinya adalah dengan pembentukan call center dan sistem penyampaian aspirasi dan pengaduan.

Pada kesempatan ini, Bank Indonesia selaku sekretariat juga membagikan 3 buah buku materi CoP sebelumnya kepada seluruh peserta. Anggota CoP yang semula berjumlah 15, saat ini bertambah menjadi 28 Kementerian/Lembaga dan BUMN.

CoP ini memberi insight baru kepada setiap anggota mengenai implementasi transformasi di institusinya sehingga bisa menjadi referensi dan media untuk mengkomunikasikan transformasi di setiap institusi. Pegawai dalam suatu institusi adalah komponen penting yang perlu diperhatikan dalam proses change management, karena esensi dari perubahan organisasi adalah perubahan individu pegawainya. Dalam forum tersebut, Direktur Utama PT. Angkasa Pura II (Persero), Bapak Muhammad Awaluddin juga turut hadir pada saat penutupan dan bersedia sharing  mengenai kepemimpinannya dalam transformasi di AP 2. Tuan rumah Forum CoP selanjutnya adalah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. pada bulan April 2018.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel