Community of Practice: Digital Transformation - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
23 Januari 2020

"It is not the strongest or the most intelligent who will survive but those who can best manage change" – Charles Darwin. Untuk itulah setiap 2 bulan dilakukan forum diskusi terkait transformasi dan perubahan oleh Community of Practice (CoP) di kementerian dan lembaga.

community-of-practices-III-18a.jpgPada bulan September 2017 telah dilakukan forum diskusi ketiga oleh CoP yang terdiri dari 1) Bank Indonesia, 2) Kementerian Keuangan, 3) Angkasa Pura II, 3) Lembaga Penjamin Simpanan, 4) Pertamina, 6) Kementerian Perdagangan, 7) Bank Mandiri, 8) Otoritas Jasa Keuangan, 9) Perusahaan Pengelola Aset, 10) Bank Negara Indonesia, dan 11) Angkutan Sungai, Danau, dan Penyebrangan Indonesia Ferry. Tuan rumah dari pertemuan kali ini adalah Pertamina. Beberapa lembaga memberikan pemaparan mengenai transformasi dan perubahan dengan tema"Digital Transformasi".

Acara ini dibuka oleh Direktur SDM, Bapak Dwi Wahyu Daryoto. Dalam pembukaannya ia memaparkan mengenai pentingnya pembekalan bagi generasi millenials sebagai generasi yang akan menjadi penerus di suatu instansi. Ia juga menjelaskan beberapa ciri-ciri dari generasi millennials yaitu motivated by meaning, challenge hierarchical structures, want a relationship with their boss, tech savvy (to say the least), task (not time) oriented, dan have a hunger for learning.

Poin utama dalam kegiatan ini adalah bahwa setiap lembaga perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuan lembaga. Berbagai lembaga sudah menggunakan teknologi seperti BI yang telah menggunakan Big Data dalam decision making process. Big Data diperlukan karena saat ini ada kebutuhan data yang tidak dapat dipenuhi secara cepat menggunakan sumber data yang ada maupun metode eksisting saat ini. Highlight digital oleh Bank Mandiri terdiri dari process (a.l e-procurement), product (e-money & digital banking) dan people serta kultur (e-learning & sharing), dan performance management system secara online. Perusahaan Pengelola Aset melakukan program transformasi terkait infrastruktur agar lebih efisien termasuk memanfaatkan media sosial dalam melakukan komunikasi kepada pegawai. Kementerian Perdagangan yang berusaha memudahkan pelaku usaha melalui e-licensing Perizinan Terpadu Satu Pintu untuk mempercepat pelayanan kepada pelaku usaha. Sementara Angkasa Pura II telah mengembangkan aplikasi yang dapat membantu penumpang yaitu crowd management system (mendeteksi lokasi keramaian penumpang), trolley management system (memantau pergerakan trolley), Indonesia Airports Apps (mengetahui informasi di bandara), dan Smart Airport (mengetahui pergerakan bagasi yang dilengkapi dengan CCTV).

community-of-practices-III-18b.jpgKemajuan teknologi tidak hanya mempengaruhi produk-produk ataupun cara kerja dari sebuah instansi tetapi juga mempengaruhi pegawai itu sendiri. Rata-rata pegawai di institusi CoP didominasi oleh generasi millennials, maka lembaga harus dapat melibatkan mereka dalam mendukung pencapaian tujuan organisasi. Vice President People Management Pertamina, Ibu Gustini Raswati mengatakan “Technology is not just a tool, it is a way to change people behavior with unconscious thought” Pegawai yang merupakan penggerak sebuah lembaga harus memiliki kompetensi yang lebih atau disebut shifting skills karena akan banyak posisi pekerjaan yang digantikan oleh teknologi. Bank Mandiri menyampaikan informasi terkait peningkatan kompetensi pegawai dengan menggunakan aplikasi seperti I-learn (mempelajari istilah banking) dan I-know (mesin pencarian dari Bank Mandiri).

Kegiatan ini ditutup dengan voting apresiasi pada setiap instansi yang melakukan presentasi dengan hasil Angkasa Pura II, Bank Mandiri, Bank Indonesia, Perusahaan Pengelola Aset, dan Kementerian Perdagangan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh lembaga dapat meningkatkan penggunaan teknologi dalam pekerjaan dan dalam mendukung transformasi organisasi, sehingga diharapkan dapat memberi manfaat bagi lembaga.

Community of Practice akan melakukan kegiatan forum diskusi secara rutin dan acara selanjutnya dengan tema “Transformasi Pelayanan Publik” akan dilakukan pada bulan November 2017 dengan Angkasa Pura II sebagai tuan rumah atau host penyelenggara .

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel