Belajar – Bergerak Bersama untuk Indonesia yang lebih baik - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
29 Januari 2020

 

foto_cop_17.jpg 
 

 

‘An Investment in knowledge pays the best interest … -Benjamin Franklin’

Berangkat dari prinsip bahwa investasi yang membuahkan keuntungan terbesar adalah ilmu pengetahuan, Bank Indonesia bersama beberapa lembaga yang juga melakukan transformasi membentuk Community of Practices (CoP). CoP adalah kumpulan atau komunitas dengan kesamaan minat atau concern pada sebuah isu/ilmu yang saling berbagi tips dan trik atau informasi. Komunitas ini merupakan hasil inisiasi dan komitmen dari focus group discussion beberapa Kementerian dan Lembaga pada Komunikasi Transformasi Bank Indonesia yang diadakan tanggal 29 Maret 2017 yang lalu di Lantai 3 Menara Syafruddin Prawiranegara Bank Indonesia.

Kementerian dan Lembaga yang berpartisipasi dalam komunitas ini antara lain adalah: 1) Kementerian Keuangan, 2) Kementerian Perhubungan, 3) Kementerian Perdagangan, 4) Pertamina, 5) Bank Mandiri, 6) PT. Angkasa Pura II, 7) PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI), 8) Lembaga Penjamin Simpanan, dan 9) Perusahaan Pengelola Aset. Dalam setiap pertemuan, secara bergantian wakil dari Kementerian dan Lembaga memaparkan bagaimana proses transformasi di implementasikan dan dikelola.

foto_cop_171.jpg
Dalam pertemuan yang kedua tanggal 23 Mei 2017, dua hal terpenting yang bisa disimpulkan yaitu pertama perubahan budaya di internal organisasi akan meningkatkan citra organisasi di mata publik. Hal itu telah dialami oleh Pertamina sebagaimana dituturkan Senior Analyst Culture & Change Management Pertamina, Ibu Fimelia. Poin penting kedua adalah perubahan tidak bisa dilakukan oleh seseorang, sekelompok tim semata, ataupun hanya top management.

foto_cop_172.jpg

Perubahan merupakan hal yang harus dilakukan oleh seluruh komponen dalam organisasi. Untuk itu, diperlukan tim penggerak yang mengawal jalannya perubahan. Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Program Management Office Bank Indonesia Ibu Elisabeth Sukawati bahwa seiring dengan berjalannya tiga tahun Transformasi Bank Indonesia, program-program yang dilakukan telah diselaraskan dengan program Departemen Sumber Daya Manusia (DSDM), Departemen Komunikasi (DKom) dan Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola (DMST). Selanjutnya Bank Indonesia telah menginisiasi pembuatan buletin transformasi, agar ilmu dan pengalaman tercurah tidak hilang, bahkan dapat dijadikan institutional memory pelaksanaan transformasi. Buletin dimaksud berisi berbagai paparan mengenai transformasi, change management, program komunikasi yang dilakukan dan hasil yang sudah didapatkan dari transformasi atau perubahan yang dilakukan masing-masing Kementerian dan Lembaga. Edisi pertama ini, berisi pemaparan dari PT. KAI, PT. Angkasa Pura II, Kementerian Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, Bank Indonesia dan Pertamina. Buletin dibagikan untuk seluruh lembaga yang berpartisipasi dan satuan kerja Bank Indonesia yang hadir yakni DSDM, DKom dan DMST.

foto_cop_173.jpg
Ke depan, pertemuan CoP ini akan terus dilakukan setiap dua bulan sekali. Bulan Juli 2017 mendatang, Pertamina menyatakan kesediaannya untuk menjadi tuan rumah. Dalam forum ini, setiap Kementerian dan Lembaga akan saling berbagi dan menyerap ilmu berdasarkan pengalaman Kementerian dan Lembaga lainnya. Melalui proses belajar, diharapkan semakin mudah untuk bergerak bersama, menuju Kementerian dan Lembaga dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lebih baik.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel