Insigth Kepemimpinan dan Transformasi Bank Indonesia - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
18 September 2019

Tujuh (7) insight kepemimpinan dalam melaksanakan Transformasi Bank Indonesia:

  1. Cinta BI, untuk mencintai lembaga dengan sepenuh hati. Kecintaan akan membuat kita memberi yang terbaik bagi institusi, yang tercermin dari kinerja yang baik pula. 
  2. Cinta Ilmu (Kompetensi), untuk terus belajar setinggi mungkin. Tak hanya ilmu yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan saat ini, melainkan ilmu yang diperlukan dalam menduduki jabatan yang lebih tinggi. Ilmu mayor diperkuat dan minor diperluas, agar kesempatan untuk maju lebih terbuka. 
  3. Berpikir Strategis, mengasah kemampuan berpikir strategis. Dalam hal ini, tak hanya latar belakang (why) dan bagaimana melaksanakannya (how), namun sisi konsepsi (how) harus diperkuat. Untuk itu, dalam pekerjaan apapun, perlu framework yang baik, agar pekerjaan berjalan lebih efektif. 
  4. Memimpin perubahan, agar setiap hari dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. 
  5. Gaining Commitment, kemampuan memobilisasi dan mendapatkan komitmen orang lain, khususnya dalam tim yang dipimpin. Caranya adalah dengan memotivasi, menjelaskan mengenai visi, strategi, maupun program yang dimiliki, dan mengajak untuk melaksanakan. 
  6. Cinta Tuhan (BI Religi), mendekatkan diri kepada Tuhan YME, dengan cara beribadah dan bermeditasi sesuai agama dan kepercayaan yang dianut. Kedekatan kepada Tuhan diimplementasikan pula dalam melaksanakan pekerjaan. 
  7. Cinta Keluarga, menjaga harmonisasi keluarga, agar pekerjaan di kantor dapat dilaksanakan dengan baik, tanpa beban.

Transformasi BI

Transformasi_BI_1.PNG 
 
 
Show Left Panel