Nuansa Edukasi Digital BI di Makassar - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
31 Oktober 2020

Makassar, 11 Januari 2020, menyambut awal tahun 2020 Museum BI bersama BICARA (BI Call and InteRAction) menyapa #SahabatMuseumBI dan #SobatRupiah di Makassar dalam acara DIGIFEST atau Digital Festival. Acara yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk mendorong penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) yang inklusif di Kawasan Timur Indonesia.

Nuansa_Edukasi_Digital_BI-Makassar-1.jpgPada hari pertama penyelenggaraan acara, beragam lomba mulai dari stand-up comedy hingga brew manual kopi dari UMKM binaan BI diselenggarakan untuk menghibur dan menambah minat masyarakat akan produk lokal unggulan Indonesia. Selain beragam lomba, talkshow seputar brand matching yang dibawakan oleh Kepala KPw BI Singapura juga diadakan sebagai bagian rangkaian acara, dengan menyasar entrepreneur muda yang ingin mengembangkan bisnis mereka.

Antusias pengunjung semakin meningkat pada hari kedua penyelenggaraan acara, beragam lomba dan aktivitas keluarga seperti mewarnai, pameran otomotif dan komunitas mampu menarik ribuan pengunjung. Selama berinteraksi dengan pameran dan lomba yang disajikan, pengunjung juga bisa berbelanja aneka produk UMKM dengan menggunakan platform QRIS. Nuansa_Edukasi_Digital_BI-Makassar-2.jpg

Berbagai bentuk edukasi dilaksanakan guna mensosialisasikan kebijakan terbaru BI serta menumbuhkan sektor perekonomian daerah setempat melalui usaha menengah lokal. Dalam hal ini, Museum BI turut berpartisipasi dalam mengedukasi masyarakat terkait sejarah perkembangan perekonomian melalui koleksi uang dari masa ke masa, games interaktif yang menghibur juga edukatif yaitu Kahoot, serta replika emas batangan seberat 13,5kg. Booth Museum BI juga mendapatkan atensi luar biasa dari pengunjung, yang salah satu pengunjung mengatakan, "Semoga Museum BI ada agenda ke Makassar lagi ya, ini harus sering sering. Saya sebagai pecinta koleksi uang kuno bahagia banget bisa liat uang dari eranya DJB (De Javasche Bank)."

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel