Governance Outcome - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
10 Desember 2019

GOVERNANCE OUTCOME

Penerapan dan penegakan tata kelola (governance) Bank Indonesia diwujudkan dalam bentuk pencapaian kredibilitas Bank Indonesia. Kredibilitas bank sentral sangat penting untuk memberikan keyakinan kepada publik terhadap kebijakan yang ditempuh sehingga efektivitas kebijakan dapat tercapai. Meningkatnya kredibilitas bank sentral dipandang dapat meningkatkan efektivitas implementasi kebijakan moneter itu sendiri. Kredibilitas bank sentral yang baik akan mempengaruhi rasionalitas publik, sehingga langkah kebijakan bank sentral khususnya dalam mengendalikan inflasi akan direspon secara positif oleh publik.

Oleh karena itu, pencapaian kredibilitas Bank Indonesia harus dipelihara dan ditingkatkan untuk memberikan dampak yang positif terhadap penciptaan nilai bagi pemangku kepentingan, perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dilakukan melalui peningkatan kualitas komunikasi kebijakan selain penguatan mekanisme kebijakan, kerangka kerja, dan proses pengambilan keputusan dalam setiap penetapan kebijakan bank sentral.

Dalam rangka mengukur tingkat penerapan dan penegakan tata kelola di Bank Indonesia, secara berkala dilakukan asesmen governance oleh external expert dan focus group discussion untuk memperoleh masukan dan rekomendasi sebagai upaya perbaikan ke depan. Asesmen dilakukan terhadap seluruh aspek dalam governance framework baik dari sisi kebijakan (design) maupun praktik pengelolaannya (practice) yang mengacu kepada best practice lembaga/korporasi nasional dan internasional. Berdasarkan hasil asesmen terakhir, Bank Indonesia telah mencapai level enhanced, level tertinggi dalam asesmen governance. Sementara, untuk focus group discussion dilakukan untuk menggali feedback dan rekomendasi dari stakeholders Bank Indonesia.

Show Left Panel