Whistle Blowing System - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
16 September 2019

WHISTLE BLOWING SYSTEM

Untuk melengkapi infrastruktur etik dan mendeteksi adanya pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku, Bank Indonesia menerapkan sistem pelaporan pelanggaran melalui Whistle Blowing System (WBS) Bank Indonesia. Whistle Blowing System (WBS) adalah sarana pelaporan bagi kalangan intern Bank Indonesia khususnya dan masyarakat untuk melaporkan adanya perilaku atau tindakan yang melanggar Kode Etik dan Perilaku Bank Indonesia yang dilakukan oleh insan Bank Indonesia.

WBS menyediakan sistem yang terkoordinasi dan terintegrasi mulai dari penerimaan laporan hingga tindak lanjut penegakan dugaan pelanggaran. Melalui sistem tersebut, masyarakat dapat melaporkan dugaan pelanggaran etik, perilaku, dan prosedur kerja yang dilakukan oleh sumber daya manusia Bank Indonesia sebagai bentuk kontrol sosial. Setiap laporan akan dijaga kerahasiannya dan dalam hal terdapat bukti yang cukup akan ditindaklanjuti pada proses investigasi selanjutnya. Keberadaan WBS menciptakan sistem saling mengawasi terhadap kesesuaian perilaku dan ketaatan prosedur kerja yang dilaksanakan oleh sumber daya manusia Bank Indonesia. WBS juga sebagai bentuk komitmen BI untuk senantiasa menjaga integritas dan profesionalitas, termasuk akuntabilitas dalam penegakan terhadap dugaan pelanggaran.

Adapun sarana pelaporan yang disediakan adalah sebagai berikut :

​Website https://www.bi.go.id/wbsbi/
​Surat WBS-BI, Jl. M.H. Thamrin No.2, Jakarta 10350
Faksimili​ (+62) 21 2310689
​ E-mail wbsbi@bi.go.id
​SMS (+62) 8118692724
​Telepon  ​(+62) 21 29817752

 

Laporan WBS dapat diakses lebih lanjut melalui Whistle Blowing System Bank Indonesia.

Show Left Panel