Kode Etik dan Pedoman Perilaku - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
20 September 2019

KODE ETIK DAN PEDOMAN PERILAKU

Pencapaian visi Bank Indonesia sebagai lembaga bank sentral yang kredibel dan terbaik di regional mensyaratkan dukungan kinerja yang tinggi dari perilaku Sumber Daya Manusia (SDM) Bank Indonesia yang berintegritas, jujur, dan profesional. Ketiadaan aspek perilaku tersebut tidak hanya berpotensi menghambat pencapaian kinerja, namun juga dapat menimbulkan risiko hukum dan risiko reputasi sehingga mengakibatkan ketidakpercayaan pemangku kepentingan atau publik terhadap pelaksanaan tugas dan wewenang yang diamanatkan kepada Bank Indonesia. Hal ini mengingat kredibilitas lembaga erat kaitannya dengan masalah kepercayaan publik terhadap perilaku SDM di lembaga tersebut.

Perilaku yang berintegritas, jujur, dan profesional merupakan proses penciptaan karakter di lingkungan kerja yang memerlukan waktu dan proses. Untuk itu, agar proses adaptasi menuju ke arah yang diharapkan, maka diperlukan suatu aturan yang mengatur secara jelas etika dan norma perilaku serta diberlakukan secara menyeluruh bagi seluruh SDM yang dibarengi dengan proses penegakan secara konsisten.

Meninjau kondisi saat ini, visi BI ke depan, dan risiko reputasi dan hukum yang mungkin timbul dari perilaku yang tidak diatur secara tegas dan jelas, maka perilaku dan tindakan pegawai Bank Indonesia diatur secara rinci dalam aturan kode etik dan pedoman perilaku Bank Indonesia. Aturan ini diberlakukan menyeluruh bagi seluruh SDM BI yaitu pegawai BI, pegawai yang dipekerjakan oleh BI, dan Anggota Dewan Gubernur, serta mantan pegawai pangkat tertentu dan Anggota Dewan Gubernur untuk aturan cooling-off period. Ketentuan ini mencakup norma moral dan standar perilaku yang sesuai dengan kebutuhan Bank Indonesia, serta diyakini mampu menciptakan SDM Bank Indonesia yang berkinerja tinggi, berintegritas, jujur, dan profesional. Penerapan aturan kode etik dan pedoman perilaku Bank Indonesia diaktualisasikan di lingkungan kerja dan masyarakat dengan:

  1. menegakkan integritas dan profesionalisme,
  2. menghindari konflik kepentingan,
  3. menjaga kemandirian dan ketidakberpihakan,
  4. bersikap adil, dan
  5. menjaga kesusilaan, kesopanan, dan perilaku bermasyarakat. 

 

Setiap pelanggaran terhadap kode etik dan pedoman perilaku serta sistem dan prosedur yang berlaku akan dikenakan sanksi disiplin. Penegakan disiplin dilakukan dengan pengenaan sanksi ringan, sedang, dan berat tergantung dari pelanggaran yang dilakukan pegawai.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kode etik dapat mengunduh dokumen berikut.

Ringkasan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Bank Indonesia

Show Left Panel