Penjelasan Sandi Laporan - Bank Sentral Republik Indonesia
16 September 2019
Penjelasan Sandi Subjek Pelapor dan Obyek yang Dilaporkan​
 
Acuan dasar penggunaan sandi kategori ekonomi adalah kepada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Sandi kategori ekonomi disajikan dalam bentuk alphabet.

Prinsip dasar kategori ekonomi digolongkan menjadi 18 kategori ekonomi. Perluasan sampai dengan sub-kategori ekonomi dapat dilakukan oleh masing-masing satuan kerja sesuai dengan kebutuhannya, namun tetap mengacu KBLI 2000.

Daftar sandi untuk kategori ekonomi terdapat pada Lampiran 3.1.

A. Kategori Pertanian, Perburuan, dan Kehutanan

Meliputi pertanian tanaman pangan, tanaman perkebunan, holtikultura, peternakan, kombinasi pertanian atau perkebunan dengan peternakan, jasa pertanian, jasa perkebunan, jasa peternakan, perburuan/penangkapan dan penangkaran satwa liar, dan kehutanan. 

B. Kategori Perikanan

Meliputi penangkapan dan budidaya biota di laut, penangkapan biota di perairan umum, dan budidaya biota di air tawar dan payau. Termasuk jasa perikanan adalah jasa produksi dan sarana produksi perikanan darat dan laut, serta jasa pasca panen perikanan darat.

C. Kategori Pertambangan dan Penggalian

Meliputi usaha di bidang pertambangan dan penggalian seperti pertambangan batu bara, minyak dan gas bumi, biji logam, penggalian batu-batuan, tanah liat, pasir, penambangan dan penggalian garam, pertambangan mineral, bahan kimia, dan bahan pupuk, serta penambangan gips, aspal, gamping.

D. Kategori Industri Pengolahan

Industri Pengolahan adalah usaha pengubahan bahan dasar menjadi barang jadi/setengah jadi atau dari yang kurang nilainya menjadi barang yang lebih tinggi nilainya. Termasuk usaha industri pengolahan adalah jasa industri yang menerima upah.

E. Kategori Listrik, Gas dan Air

Listrik adalah pembangkitan tenaga listrik dan pengoperasian jaringan distribusi guna penyaluran listrik untuk dijual kepada rumah tangga, industri dan penggunaan komersial lainnya.
Gas adalah usaha memproduksi dan mendistribusikan gas alam, untuk dijual kepada rumah tangga, industri dan penggunaan komersial lainnya. 
Penjernihan, penyediaan dan penyaluran air adalah usaha penampungan, penjernihan dan penyaluran air kepada rumah tangga, industri dan penggunaan komersial lainnya.
F. Kategori Konstruksi

Konstruksi adalah usaha dalam pembuatan, perbaikan, pembongkaran gedung, rumah, jalan dan jembatan kereta api, bangunan terowongan, bendungan dan saluran air, bangunan landasan pesawat terbang, bangunan dermaga, lapangan parkir kendaraan, lapangan olah raga, stasiun pembangkit tenaga listrik, jaringan transmisi dan distribusi, dan bangunan jaringan komunikasi. Termasuk juga pemasangan pompa air, penggalian sumur/WC, persewaan mesin/alat konstruksi berikut operatornya, dan sebagainya.

G. Kategori Perdagangan besar dan eceran; Reparasi mobil, Sepeda motor, serta barang-barang keperluan pribadi dan Rumah Tangga.

Lapangan Usaha Perdagangan Besar adalah perdagangan barang baru maupun bekas yang pada umumnya dalam partai besar kepada para pemakai selain konsumen rumah tangga, termasuk mobil/sepeda motor dan suku cadang, aksesoris, serta reparasinya.
Lapangan Usaha Perdagangan Eceran adalah perdagangan yang melakukan penjualan kembali (tanpa perubahan teknis) barang-barang baru maupun bekas kepada konsumen rumah tangga, termasuk penjualan mobil/sepeda motor dan suku cadang serta aksesorisnya.
H. Kategori Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum

Penyediaan akomodasi adalah usaha penyediaan jasa pelayanan penginapan, makan minum serta jasa lainnya bagi untuk umum dengan menggunakan sebagian atau seluruh bangunan, yang ada pada umumnya dilakukan secara komersial. Penyediaan akomodasi meliputi hotel (bintang dan melati), penginapan remaja, pondok wisata, bumi perkemahan, persinggahan karavan, dan jasa akomodasi lainnya.
Penyediaan Makan Minum adalah jasa pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan permanen yang menjual dan menyajikan makanan dan minuman untuk umum di tempat usahanya, baik dilengkapi dengan peralatan/perlengkapan untuk proses pembuatan dan penyimpanan maupun tidak. Penyediaan makan minum meliputi : restoran/rumah makan, warung makan, bar, kedai makanan dan minuman, penjual makanan dan minuman keliling/tempat tidak tetap dan jasa boga (catering).
I. Kategori Transportasi, Pergudangan dan Komunikasi

Angkutan adalah pengangkutan barang atau penumpang (orang) dengan angkutan darat, angkutan laut, sungai, danau dan kanal serta angkutan udara, termasuk juga jasa angkutan, pengepakan dan pengiriman barang, keagenan/biro perjalanan, usaha persewaan angkutan darat/air/udara berikut pengemudinya.
Pergudangan adalah usaha penyimpanan barang di gudang dengan fasilitas-fasilitasnya, seperti penyimpanan barang dalam kamar/ruangan pendingin dan gudang barang-barang yang berada di kawasan berikat.
Komunikasi adalah usaha pelayanan komunikasi untuk umum baik melalui pos, telepon, telegraf/teleks atau hubungan radio panggil (pager).
J. Kategori Perantara Keuangan

Perantara Keuangan adalah usaha perbankan baik yang dikelola pemerintah/swasta seperti : bank sentral, bank devisa, bank tabungan, bank kredit maupun bank yang melayani pemindahan cadangan uang dengan surat-surat berharga (deposito, cek, giro, dan sejenisnya). Termasuk juga usaha pegadaian, pasar modal, usaha jasa keuangan lainnya seperti penukaran mata uang asing, rentenir, dan simpan/pinjam.
Asuransi adalah usaha perasuransian seperti asuransi jiwa, pelayanan, kecelakaan, kesehatan, barang/benda hak milik, dan surat berharga, termasuk juga jasa asuransi, agen asuransi, konsultan asuransi, dan dana pensiun.
K. Kategori Real estat, Usaha persewaan, dan Jasa Perusahaan

Real estat adalah usaha pembelian, penjualan, persewaan dan pengoperasian bangunan seperti apartemen, tempat tinggal dan bukan tempat tinggal. Termasuk juga pengembangan dan penjualan tanah dan kuburan, pengoperasian apartemen-apartemen hotel dan kawasan tinggal yang bisa dipindah-pindahkan.
Usaha persewaan/jual beli tanah, gedung dan jasa perusahaan adalah usaha persewaan/jual beli barang-barang tidak bergerak, usaha persewaan alat angkutan darat/air/udara tanpa pengemudi, pembelian, penjualan dan penaksiran nilai tanah/bangunan atas dasar balas jasa atau kontrak, termasuk usaha jasa hukum, jasa akuntansi dan pembukuan, jasa arsitek dan teknik, jasa periklanan, jasa pengolahan data dan tabulasi, jasa bangunan, riset pemasaran dan jasa persewaan mesin dan peralatan.
Catatan : Usaha persewaan mesin/alat pertanian dan konstruksi berikut operatornya dimasukkan ke dalam Kategori A dan F

L. Kategori Administrasi Pemerintahan, Pertanahan, dan Jaminan Sosial Wajib

Administrasi Pemerintahan, Pertanahan, dan Jaminan Sosial Wajib meliputi lembaga legislatif, penyelenggaraan pemerintah negara, dan kesekretariatan negara, lembaga eksekutif keuangan, perpajakan, bea cukai, eksekutif perencanaan, lembaga yudikatif; pembinaan kesehatan, pendidikan, kebudayaan dan pelayanan sosial; lembaga pemerintahan untuk menciptakan efisiensi produksi dan bisnis; lembaga pemerintahan non departemen; hubungan luar negeri; lembaga pertahanan dan angkatan bersenjata; kepolisian dan lembaga peradilan; dan jaminan sosial wajib (seperti: jaminan kesehatan, kecelakaan, pengangguran, melahirkan, cacat tubuh dan sebagainya).

M. Kategori Jasa Pendidikan

Jasa Pendidikan meliputi jasa pendidikan dasar, menengah, tinggi dan lainnya baik yang dilakukan oleh negeri maupun swasta, termasuk jasa pendidikan ketrampilan.

N. Kategori Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial

Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial meliputi jasa kesehatan manusia, jasa kesehatan hewan dan jasa kegiatan sosial.

O. Kategori Jasa Kemasyarakatan, Sosial, dan Perorangan Lainnya

Jasa Kemasyarakatan, Sosial, dan Perorangan Lainnya meliputi jasa kebersihan, kegiatan organisasi, jasa rekreasi, jasa kebudayaan, olah raga dan jasa kegiatan lainnya.

P. Kategori Jasa Perorangan yang Melayani Rumah Tangga

Jasa Perorangan yang melayani Rumah Tangga meliputi kegiatan perorangan yang memberikan jasa pelayanan pada rumah tangga, seperti juru masak, tukang cuci, tukang kebun, pengurus rumah tangga, dan pengasuh bayi. Termasuk juga usaha guru private yang mengajar di rumah, sekretaris pribadi dan sopir pribadi.

Q. Kategori Badan Internasional dan Badan Ekstra Internasional Lainnya

Badan Internasional dan Badan Ekstra Internasional Lainnya meliputi kegiatan lembaga/badan/instansi dari perwakilan negara asing, badan internasional lainnya, seperti : kedutaan besar, konsulat, perwakilan PBB, dan sub organisasi, UNICEF, UNESCO, UNDP, WHO, ILO, ASEAN, dan OPEC.

X. Kategori Kegiatan yang Belum Jelas Batasannya

Kegiatan yang Belum Jelas Batasannya meliputi segala macam kegiatan perorangan, badan/lembaga/instansi yang tidak tercakup ke dalam kategori manapun, ataupun yang tidak jelas batasannya?

Show Left Panel