BI Mempertahankan BI Rate Pada Tingkat 9,5% - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
16 September 2019

No. 10/ 54 / PSHM / Humas

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada hari ini memutuskan untuk mempertahankan BI Rate pada tingkat 9,5%. Keputusan tersebut diambil setelah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap perkembangan ekonomi dan keuangan, baik dalam negeri maupun luar negeri, serta  arah perkembangan laju inflasi.

Dalam menghadapi gejolak keuangan global yang berlanjut dan perlambatan ekonomi dunia yang makin nyata, Bank Indonesia memandang penting untuk menjaga kebijakan moneter yang tepat, sehingga dapat mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dengan upaya menjaga stabilitas moneter. Di dalam negeri, tekanan inflasi mulai mereda, meskipun laju inflasi masih cukup tinggi mencapai 11,77% (yoy).

Dengan memperhitungkan beberapa faktor risiko serta tekanan inflasi yang masih akan timbul hingga akhir tahun, Bank Indonesia memprakirakan inflasi IHK pada akhir tahun 2008 akan berada pada kisaran 11,5%-12,5% (yoy) dan pada 2009 akan turun pada kisaran 6,5%-7,5%. Dari sisi nilai tukar, Bank Indonesia senantiasa melakukan kebijakan stabilisasi rupiah yang diarahkan pada upaya menghindari gejolak nilai tukar yang terlalu tajam.

Kinerja sektor perbankan masih tetap baik. Indikator-indikator utama seperti CAR, NPL dan PDN perbankan menunjukkan ketahanan dalam menghadapi gejolak pasar. Pertumbuhan kredit mulai menurun, sementara risiko kredit tetap terjaga meskipun ke depan masih perlu diwaspadai. Kondisi likuiditas perbankan yang mulai longgar juga telah memberi keleluasaan bagi perbankan dalam menjalankan usahanya.

Bank Indonesia akan mengoptimalkan penggunaan seluruh instrumen kebijakan moneter yang tersedia, sembari terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah dalam mencermati perkembangan dan prospek perekonomian global, regional dan domestik untuk mengamankan stabilitas ekonomi jangka menengah.

Analisis selengkapnya mengenai kondisi perekonomian pada Oktober 2008 akan dimuat dalam publikasi Tinjauan Kebijakan Moneter yang dapat diakses melalui website Bank Indonesia (http://www.bi.go.id) pada tanggal 13 November 2008.

Jakarta, 6 November 2008
Direktorat Perencanaan Strategis
dan Hubungan Masyarakat


Dyah N.K. Makhijani
Direktur

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel