​​Karya Kreatif Indonesia 2019 Mencatat Lompatan Penjualan Tertinggi - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
21 Agustus 2019
​ Infoterbaru_KKI-120719.jpg
Perhelatan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 pada tanggal 12-14 Juli 2019 di Jakarta mencatat lompatan penjualan tertinggi dalam 3 tahun terakhir dengan total penjualan sebesar Rp10,09 miliar atau meningkat 47,2% dibandingkan KKI tahun sebelumnya. Angka tersebut belum termasuk angka pemesanan yang sudah diberikan uang muka, namun barangnya belum dikirimkan, yang diperkirakan mencapai lebih dari Rp1,2 miliar. Dari sisi pengunjung, KKI 2019 juga mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu mencapai 18.911 orang meningkat 73,5% dibandingkan tahun lalu, atau secara rata-rata dikunjungi oleh sekitar 6.300 orang per hari. Capaian ini sejalan dengan pernyataan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo bahwa KKI 2019 merupakan pesta besar bagi UMKM Indonesia untuk menunjukkan potensinya agar dapat menembus pasar internasional.
Produk yang ditampilkan KKI 2019 meliputi 3 jenis, yaitu Kain Tradisional dan Fashion, Kerajinan, dan Kuliner Olahan termasuk Kopi. Seluruh produk yang dipamerkan telah diseleksi dan dikurasi oleh kurator profesional. Dari nilai total penjualan yang dicapai, Kain dan Kerajinan menembus angka penjualan Rp9,49 miliar, sementara Makanan Minuman Olahan mencapai Rp598,27 juta.
KKI 2019 juga menjadi ajang temu bisnis (business matching) UMKM di Indonesia. Nilai business matching dalam kegiatan tersebut mencapai Rp66,55 miliar, yang meliputi akses pembiayaan Bank kepada 28 UMKM dengan nilai baki debet Rp8,3 miliar, 30 UMKM dengan e-commerce untuk pemasaran digital dengan omset mencapai Rp19,9 miliar, dan 33 UMKM dengan importir/aggregator untuk ekspor senilai Rp38,4 miliar. Dalam kesempatan tersebut, disepakati pula kontrak kerjasama antara UMKM binaan Bank Indonesia dengan pembeli dari Korea Selatan, Papua Nugini dan Singapura dengan nilai komitmen Rp3,2 miliar.
Ke depan, melalui penyelenggaran KKI dan program pengembangan UMKM lainnya, UMKM Indonesia dapat semakin naik kelas, mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi melalui pemanfaatan platform digital, dan berorientasi ekspor. Untuk itu, Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi dengan Kementerian dan Lembaga terkait untuk mendorong UMKM ke arah peta jalan yang mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian yang lebih terakselerasi dan inklusif.
Informasi jumlah penjualan dan pengunjung KKI 2019, sebagaimana terlampir.
 infoterbaru_160719_KKI-2.jpg
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel