Survei Harga Properti Residensial Triwulan IV 2019: Harga Properti Residensial Tumbuh Terbatas - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
20 Februari 2020

Harga properti residensial tumbuh terbatas pada triwulan IV-2019 dan diprakirakan berlanjut pada triwulan I-2020. Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada triwulan IV 2019 tumbuh 0,30% (qtq), lebih rendah dibandingkan 0,50% (qtq) pada triwulan sebelumnya. Pada triwulan I 2020, pertumbuhan IHPR diprakirakan meningkat terbatas menjadi 0,43% (qtq).

Di tengah kenaikan harga yang terbatas, penjualan properti residensial pada triwulan IV-2019 mengalami penurunan. Hasil survei harga properti residensial mengindikasikan penjualan properti residensial kembali turun 16,33% (qtq), setelah triwulan sebelumnya tumbuh 16,18% (qtq). Penurunan penjualan rumah tersebut terjadi pada seluruh tipe rumah.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa pengembang masih mengandalkan dana internal perusahaan sebagai sumber pembiayaan utama proyek perumahan. Hal tersebut tercermin dari porsi penggunaan dana internal developer yang mencapai 58,80%. Sementara itu, mayoritas responden (71,88%) melakukan pembelian rumah dengan menggunakan sumber pembiayaan dari fasilitas KPR perbankan.

Hasil lengkap survei dapat dilihat dalam Survei Harga Properti Residensial Primer di Website Bank Indonesia.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel