CALL FOR PAPER: CONFERENCE AND POSTER PRESENTATION 9th International Conferences, Bulletin of Monetary Economics and Banking - 2015 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
25 Oktober 2020
CALL FOR PAPER: CONFERENCE AND POSTER PRESENTATION 9th International Conferences, Bulletin of Monetary Economics and Banking -2015
BALANCING HIGH SUSTAINABILITY GROWTH AND MACROECONOMIC STABILITY Jakarta – Indonesia, Kamis, 6 Agustus 2015
 
 

LATAR BELAKANG

Dunia telah menyaksikan bahwa transformasi struktural dari ekonomi agraris ke ekonomi industri tidak berjalan mulus seperti dalam teori konvergensi dan pengejaran (catch-up). Untuk negara-negara yang berpotensi tinggi dalam pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan tidak selalu berarti kegiatan dalam negeri yang lebih intensif, dan pertumbuhan biasanya mengalami kejutan eksternal. Di sisi lain, banyak dari negara-negara tersebut mengandalkan negara asing untuk membiayai pertumbuhan mereka. Untuk Indonesia, 32,5% dari pembiayaannya berasal dari luar negeri; sayangnya, 40% dari pembiayaan tersebut merupakan arus modal jangka panjang, yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan. Selain itu, ada ambang batas sebelum ekonomi mereka mulai memanas; untuk Indonesia; ambang batasnya adalah sekitar 6,5%.

Memastikan pembangunan berjalan pada jalur pertumbuhannya yang optimal dapat meminta pemerintah menjadi pelaku aktif. Tetapi, kritik juga sering timbul terhadap potensi ekses atau ketidakefektifan regulasi dan intervensi. Pemerintah dapat memainkan peran katalis yang tegas dan lebih dari sekadar peran konstruktif.

Atas alasan-alasan tersebut, mengeksplorasi ruang untuk intervensi optimal dan mendorong ekonomi untuk mencapai kapasitas ideal menjadi sangat penting; dan The Bulletin of Monetary Economic and Banking mengemukakan hal tersebut dalam konferensi internasional ke-9 tentang peran optimal pemerintah baru. Konferensi tersebut meminta perhatian para praktisi, akademisi, peneliti dan pembuat kebijakan untuk berdiskusi dan berbagi gagasan untuk mencapai ekonomi yang lebih baik dan mungkin lebih setara.

Untuk informasi lebih lanjut, simak dokumen terlampir.

Link ke poster

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel