BI Sempurnakan Layanan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
20 Oktober 2019
Sebagaimana keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Bulan April 2019, Bank Indonesia (BI) memperluas kebijakan yang lebih akomodatif untuk mendorong permintaan domestik, salah satunya dengan mendorong efisiensi pembayaran ritel melalui perluasan layanan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Untuk itu, Bank Indonesia menyempurnakan layanan SKNBI melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.21/8/PBI/2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/9/PBI/2015 tentang Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia, dan ketentuan teknis dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur No. 21/12/PADG/2019 tentang Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia.
 
Penyempurnaan ketentuan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sistem pembayaran Indonesia; Memberikan layanan, transfer dana yang lebih cepat sejalan dengan kebutuhan masyarakat; dan Mengakomodasi kebutuhan pengguna, baik individu maupun korporasi, untuk transaksi dengan nilai yang lebih besar. Ketentuan ini mulai berlaku 1 September 2019.
 
No.
Substansi Kebijakan
Kebijakan Saat Ini
Penyempurnaan Kebijakan
Tujuan Penyempurnaan
1. 
Periode Setelmen
1.   5 kali dalam 1 hari untuk Layanan Transfer Dana, yaitu pukul 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, dan 16.45.
2.   2 kali dalam 1 hari untuk Layanan Pembayaran Reguler, yaitu pukul 08.00 dan 14.15.
9 kali dalam 1 hari untuk Layanan Transfer Dana dan Layanan Pembayaran Reguler, yaitu pukul 08.00, 09.00, 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00, 15.00, 16.45.
1.   Meningkatkan efisiensi sistem pembayaran Indonesia
2.   Memberikan layanan transfer dana yang lebih cepat sejalan dengan kebutuhan masyarakat
3.   Mengakomodasi kebutuhan pengguna, baik individu maupun korporasi, untuk transaksi dengan nilai yang lebih besar
2.
Service Level Agreement (SLA)
1.   Penyelesaian Transaksi dilakukan maksimal 2 Jam masing-masing di Bank Pengirim dan Bank Penerima
2.   Penyelesaian Transaksi dilakukan maksimal 1 Jam masing-masing di Bank Pengirim dan Bank Penerima
3
Pricing SKNBI yang Dikenakan BI kepada Peserta
1.   Layanan Transfer Dana: Rp 1000,- per transaksi
2.   Layanan Kliring Warkat Debit: Rp 1.000,- per DKE
3.   Layanan Pembayaran Reguler:
§  Rp 1.000,- per DKE
§  Rp 500,- per rincian transaksi
4.   Layanan Penagihan Reguler:
§  Rp 1.000,-
§  Rp 500,- per rincian transaksi
1.   Layanan Transfer Dana: Rp 600,- per DKE.
2.   Tetap
3.   Tetap
4.   Tetap
4.
Pricing SKNBI yang Dikenakan Peserta kepada Nasabah
Maksimal Rp5.000,- untuk semua Layanan SKNBI
1.   Layanan Transfer Dana :Maksimal Rp3.500,00
2.   Layanan Lainnya (Kliring Warkat Debit, Layanan Pembayaran Reguler dan Layanan Kliring Penagihan Reguler : Tetap (Rp5.000)
5.
Capping Transaksi
Rp 500 juta untuk semua Layanan SKNBI.
1.   Rp 1 miliar untuk Layanan Transfer Dana dan Layanan Pembayaran Reguler;
2.   Rp 500 juta untuk Layanan Kliring Warkat Debit dan Layanan Penagihan Reguler
 
 
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel