Laporan Tahunan Sistem Pembayaran Tahun 2007 "Terciptanya Peningkatan Efisiensi Dalam Pelaksanaan Sistem Pembayaran 2007" - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
29 September 2020

 

Berpegang keyakinan bahwa efisiensi di bidang sistem pembayaran dapat memberikan sumbangan besar bagi penghematan GNP suatu negara, Bank Indonesia senantiasa memfokuskan upaya pengembangan sistem pembayaran pada aspek efisiensi disamping aspek mitigasi risiko, kesetaraan akses dan perlindungan konsumen. Efisiensi sistem pembayaran diupayakan tercipta melalui penyelenggaraan jasa sistem pembayaran yang tersedia secara luas, biaya transaksi yang murah, dan waktu settlement yang tidak terlalu lama. Kehadiran alat pembayaran berbasis elektronik yang biasa disebut sebagai E-money pada pertengahan tahun merupakan salah satu upaya fasilitasi Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan alat pembayaran yang memenuhi prinsip efisiensi. 


Penerapan efisiensi di bidang sistem pembayaran tidak hanya terbatas pada jasa atau alat pembayaran, namun juga pada mekanisme pengedaran uang.  Guna mendukung tiga pilar kebijakan pengedaran uang yang aman, handal dan efisien, Bank Indonesia berupaya menempuh strategi optimalisasi pengadaan dan distribusi uang ke seluruh pelosok negeri. Bagaimanapun, strategi ini telah berhasil mengantisipasi berbagai isu mengenai kelangkaan dan rendahnya kualitas uang di wilayah-wilayah terpencil.


Selain berbagai upaya yang telah membuahkan hasil, tahun 2007 juga mencatat fenomena pertumbuhan aktifitas pembayaran dan pengedaran uang yang sangat signifikan dibandingkan dengan pertumbuhan tahunan dalam beberapa tahun terakhir. Maraknya aktifitas ekonomi masyarakat karena membaiknya kondisi perekonomian merupakan salah satu faktor yang mendorong peningkatan aktifitas tersebut.


Berbagai catatan tersebut, semakin mempertegas fungsi sistem pembayaran dalam dinamika perekomian modern. Sistem pembayaran yang efisien, aman dan lancar sudah sepantasnya menjadi  pendukung bagi terciptanya stabilitas sistem keuangan dan efektifitas kebijakan mooneter.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel