Cerita BI

BI Icon

Departemen Komunikasi​

6/9/2022 12:00 AM
Hits: 1224

Dapat Uang, Enaknya diapain Ya?



Momentum lebaran menjadi menarik tahun ini. Bagaimana tidak, hampir dua tahun lamanya pemberlakuan pembatasan fisik yang diakibatkan Pandemi Covid-19.  Pandemi juga menjadi faktor pendorong digitalisasi di hampir semua sektor, tak terkecuali sistem pembayaran. Tak heran, euforia silaturahmi lebaran di masyarakat  tercermin dalam momen membagikan uang saku lebaran serta Tunjangan Hari Raya (THR) baik secara tunai maupun non tunai.


Tercatat penarikan uang tunai selama periode Ramadan dan libur lebaran mencapai Rp180,2 triliun, meningkat 16,6% dibanding tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) menyatakan uang beredar tumbuh meningkat pada April 2022. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadan dan Idul fitri sehingga  meningkatkan aktivitas ekonomi dan transaksi pembayaran. 


Meskipun lebaran telah lewat, semoga atmosfer dan uang lebarannya masih berasa ya.  Memperlakukan Rupiah secara tepat dapat membuat vibes-nya terus berasa sepanjang tahun loh!. Caranya dengan menerapkan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. Pernah dengar kan? Begini jelasnya. Setelah menerima uang tunai lebaran baiknya kita menjaga dan merawatnya sehingga ciri keaslian Rupiah menjadi mudah dikenali dan dapat mengurangi peredaran uang tidak layak edar. Misalnya dengan jangan dilipat, dicoret, distapler, diremas, maupun dibasahi. Sehingga uang kita selalu dalam kondisi yang baik, hal inilah yang disebut Cinta Rupiah.


Menggunakan sebagian dari uang Rupiah lebaran untuk bertransaksi, maka kita sudah ikut membantu perputaran roda perekonomian. Sekaligus kita telah ikut andil dalam Bangga akan Rupiah. Supaya uang lebaran tidak cepat habis begitu saja, maka perlu untuk memahami fungsi Rupiah sebagai nilai tukar dan paham cara mengelolanya. Misalnya dengan bertransaksi dan berbelanja dengan bijak, berhemat, dan berinvestasi. Yuk, dimulai dari sekarang! Karena Cinta, Bangga, dan Paham berawal dari kita.


​​Dapat-Uang-Enaknya-diapain-Ya.jpg

Lampiran
Kontak

​​Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 6/9/2022 2:56 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga