Peraturan

BI Icon

Departemen Komunikasi​

9/13/2021 12:00 AM
Hits: 1253

​ Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 23/19/PADG/2021 tentang Penyelenggaraan Aplikasi Layanan Bank Indonesia

Peraturan Bank Indonesia
Sistem Pembayaran dan Pengelolaan uang Rupiah
Berlaku

RINGKASAN PERATURAN ANGGOTA DEWAN GUBERNUR

 

Peraturan                  : Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 23/19/PADG/2021 tentang Penyelenggaraan Aplikasi Layanan Bank Indonesia  

Tanggal berlaku        : 13 September 2021

 

I.               Peraturan Anggota Dewan Gubernur ini merupakan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) Nomor 23/19/PADG/2021 tentang Penyelenggaraan Aplikasi Layanan Bank Indonesia. 

II.               Latar belakang penerbitan PADG ini yaitu:

    1. Untuk meningkatkan tata kelola dan kualitas layanan jasa kebanksentralan dan layanan kepesertaan Bank Indonesia kepada Nasabah.
    2. Untuk meningkatkan akses nasabah terhadap layanan kebanksentralan melalui Aplikasi Layanan Bank Indonesia.

III.               Beberapa hal yang diatur dalam PADG ini meliputi:

1.      Persyaratan penggunaan Aplikasi Layanan Bank Indonesia berupa:

    1. Berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
    2. Memiliki jaringan komunikasi data yang ditetapkan oleh Bank Indonesia; dan
    3. Menggunakan sarana pengamanan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

2.      Sarana pengamanan Aplikasi Layanan Bank Indonesia berupa hak akses dan perangkat two-factor authentication.

3.      Tugas dan wewenang Penyelenggara adalah:

    1. Tugas Penyelenggara:
  1. Melakukan konfigurasi;
  2. Menatausahakan data Pengguna;
  3. Menyediakan layanan bantuan terkait penyelenggaraan sistem Aplikasi Layanan Bank Indonesia;
  4. Menetapkan bentuk sarana pengamanan;
  5. Menyediakan dan melaksanakan rencana pemulihan kelangsungan kegiatan dan rencana pemulihan teknologi informasi;
  6. Melakukan asesmen sistem pengamanan;
  7. Memberikan pelatihan operasional kepada Pengguna;
  8. Menetapkan dan menyediakan petunjuk teknis Aplikasi Layanan Bank Indonesia;
  9. Menetapkan ruang lingkup fitur yang dapat digunakan Pengguna; dan
  10. Melakukan konfigurasi atas menu Layanan yang akan diperoleh Pengguna.
    1. Penyelenggara bertanggung jawab atas:   
  1. Penerapan prinsip keamanan data terhadap fungsi Administrasi, Informasi Keuangan, dan Transaksi Keuangan;
  2. Aplikasi Layanan Bank Indonesia dan perubahannya serta petunjuk teknis;  
  3. Pembaruan perangkat two-factor authentication yang masa berlakunya telah berakhir; dan
  4. Penggantian perangkat two-factor authentication yang rusak atau hilang.

4.      Tugas dan tanggung jawab Pengguna adalah:

  1. Tugas Pengguna:
    1. Melakukan konfigurasi dan pemasangan infrastruktur yang digunakan;
    2. Memastikan kecukupan kapasitas infrastruktur untuk operasional Aplikasi Layanan Bank Indonesia di lokasi Pengguna;
    3. Menyusun kebijakan internal;
    4. Menatausahakan data Pengguna Aplikasi Layanan Bank Indonesia;
    5. Menggunakan infrastruktur untuk Aplikasi Layanan Bank Indonesia;
    6. Menjaga keamanan dan kerahasiaan kata kunci Aplikasi Layanan Bank Indonesia; dan
    7. Menjaga perangkat two-factor authentication.
  2. Pengguna bertanggung jawab atas:
  1. Ketersediaan infrastruktur di lokasi Pengguna;
  2. Kerahasiaan Administrasi, Informasi Keuangan, dan Transaksi Keuangan;
  3. Kebenaran Administrasi, Informasi Keuangan, dan Transaksi Keuangan; dan
  4. Kebijakan internal penggunaan Aplikasi Layanan Bank Indonesia.

5.      Tata cara menjadi Pengguna dengan cara mengajukan surat permohonan kepada Penyelenggara yang ditandatangani oleh Pejabat yang Mewakili yang memiliki spesimen tanda tangan yang ditatausahakan di Bank Indonesia yang disampaikan kepada Penyelenggara melalui FO Perizinan.

6.      Fungsi Aplikasi Layanan Bank Indonesia yaitu:

    1. Administrasi;
    2. Informasi Keuangan; dan
    3. Transaksi Keuangan.

7.      Waktu operasional Aplikasi Layanan Bank Indonesia mencakup:

  1. Hari kerja Bank Indonesia;
  2. Jam kerja Bank Indonesia;
  3. Jam kerja Penyelenggara.

8.      Penyediaan layanan bantuan ditujukan untuk menangani permasalahan yang dihadapi Pengguna terkait dengan:

  1. Layanan Jasa Kebanksentralan;
  2. Layanan Kepesertaan; dan/atau
  3. Operasional Aplikasi Layanan Bank Indonesia.

9.      Jenis dan besarnya biaya yang dikenakan kepada Pengguna berupa biaya penambahan dan/atau penggantian perangkat two-factor authentication.

10.   Penyelenggara menyediakan informasi dan data keuangan dari Layanan Jasa Kebanksentralan.

11.   Terdapat dua pengaturan dalam hal keadaan tidak normal dan/atau keadaan kahar yaitu:

    1. Dalam hal memengaruhi kelancaran penggunaan Aplikasi Layanan Bank Indonesia di lokasi Penyelenggara, Penyelenggara memberitahukan keadaan tersebut kepada Pengguna berikut langkah penanganan untuk mengatasi keadaan tidak normal dan/atau keadaan kahar.
    2. Dalam hal terjadi di lokasi Pengguna, Pengguna menyampaikan informasi dan meminta persetujuan untuk melakukan langkah penanganan keadaan tidak normal dan/atau keadaan kahar kepada Penyelenggara.

12.   Penyelenggara dapat menyediakan Aplikasi Layanan Bank Indonesia bersamaan dengan penyediaan Host to Host.

IV    Ketentuan dalam PADG ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yaitu tanggal 13 September 2021.

 

 

Lampiran
Kontak

​​Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 9/14/2021 9:43 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga