KEKR Provinsi Sumatera Utara Agustus 2018 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
29 Januari 2020

Perekonomian Sumatera Utara pada triwulan II 2018 tumbuh meningkat di level 5,30 % (yoy), dari 4,73% (yoy) pada triwulan sebelumnya bersumber dari permintaan domestik, terutama konsumsi swasta. Aktivitas konsumsi rumah tangga meningkat menjelang periode Ramadhan dan Idul Fitri, didukung oleh pencairan Tunjangan Hari Raya (THR). Lebih lanjut, pelaksanaan PILKADA 2018

pada 27 Juni 2018 juga turut mengakselerasi konsumsi LPNRT. Kenaikan konsumsi juga dibarengi oleh kenaikan investasi ditopang oleh optimisme perbaikan ekonomi yang tetap terjaga dan konsistensi Pemerintah untuk membangun infrastruktur. Kinerja sisi eksternal relatif melambat didorong oleh peningkatan impor yang tinggi ditengah perbaikan ekspor. Akselerasi ekonomi tercermin oleh perbaikan kinerja sektor sektor utama, terutama untuk sektor pertanian, industri pengolahan, dan perdagangan.

Perekonomian Sumatera Utara pada triwulan III 2018 diperkirakan tetap tumbuh didorong oleh permintaan domestik seiring dengan lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya, terutama bersumber dari permintaan domestik seiring dengan realisasi belanja Pemerintah Daerah dan kegiatan investasi yang terus meningkat di paruh kedua tahun 2018.

Inflasi Sumatera Utara pada triwulan II 2018 tercatat sebesar 3,36% (yoy) menurun dari triwulan sebelumnya 3,91% (yoy) seiring dengan terjaganya pasokan bahan makanan. Tekanan inflasi kelompok sandang meningkat dari 2,3% (yoy) menjadi 2,9% (yoy) juga turut mendorong kenaikan tekanan inflasi pada triwulan II 2018. Tekanan inflasi kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan meningkat dari 1,3% (yoy) menjadi 2,8% (yoy) turut mendorong kenaikan tekanan inflasi umum.

Secara umum inflasi pada triwulan III 2018 diperkirakan relatif stabil cenderung menurun dan masih dalam kisaran sasaran inflasi 3,5±1%. Penurunan inflasi diperkirakan didorong oleh penurunan pada kelompok pangan seiring dengan kecukupan pasokan dan upaya pengendalian inflasi yang intensif oleh TPID Kota dan Kabupaten di Sumatera Utara.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel